Apa yang Dimaksud dengan Hominid?

Hominid adalah setiap manusia modern atau leluhurnya yang punah termasuk dalam keluarga biologis Hominidae. Arti lainnya yakni sesuatu yang berhubungan dengan manusia atau makhluk mirip manusia.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology

Hominidae (juga dikenal sebagai kera besar), membentuk sebuah keluarga taksonomi dari primata, mengikutkan empat genera yang masih hidup: simpanse (Pan) dan bonobo, gorila (Gorilla), manusia (Homo), dan orangutan (Pongo). Istilah “hominid” juga digunakan dalam pengertian terbatas sebagai hominin atau “manusia dan kerabat dekat manusia yang lebih dekat daripada simpanse”. Dalam penggunaan tersebut, semua spesies hominid selain Homo sapiens telah punah. Sejumlah genera yang diketahui punah dikelompokkan bersama dengan manusia dalam sub-keluarga Homoninae, yang lainnya dengan orangutan dalam sub-keluarga Ponginae. Leluhur terbaru dari Hominidae hidup sekitar 14 juta tahun lalu, saat leluhur dari orangutan berspesiasi dari leluhur tiga genera lainnya. Leluhur dari keluarga Hominidae telah berspesiasi dari keluarga Hylobatidae, sekitar 15 juta sampai 20 juta tahun lalu.

Klasifikasi dari kera besar telah di revisi berulang kali dalam beberapa dekade lalu. Berbagai revisi ini mengakibatkan penggunaan kata “hominid” yang beragam—arti awalnya dari Hominidae mengacu hanya pengertian modern dari Hominini, contohnya hanya pada manusia dan kerabat dekatnya. Pengertian takson berubah secara bertahap, mengarah kepada pengertian modern dari “hominid”, yang mengikutkan semua kera besar dan manusia.

Istilah primatologi hominid sering dianggap dengan sejumlah kata yang sama:

  • Hominoid , secara umum disebut dengan kera, adalah anggota dari keluarga Hominoidea : anggota yang masih hidup adalah kera kecil ungka dan kera besar.
  • Hominine adalah anggota dari sub-keluarga Homininae : gorila, simpanse, bonobo dan manusia (tidak termasuk orangutan).
  • Hominin adalah anggota dari suku Hominini : manusia modern dan kerabatnya yang telah punah.
  • Manusia adalah anggota dari genus Homo , dimana Homo sapiens adalah satu-satunya (spesies yang masih ada), dan Homo sapiens sapiens adalah satu-satunya yang bertahan dalam subspesies.

Banyak ilmuwan, termasuk paleontropologis, terus menggunakan istilah hominid untuk mengacu pada manusia dan kepada leluhurnya baik yang bipedal maupun yang hampir bipedal.

Referensi

About: Hominid

Referensi

Hominidae - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas