Apa yang dimaksud dengan Hidradenitis Supuratif?

Hidradenitis Supuratif

Hidradenitis suppurativa adalah peradangan kulit kronis yang ditandai oleh adanya komedo dan satu atau lebih merah, benjolan lembut (lesi). Lesi sering membesar, membuka dan mengeluarkan nanah. Jaringan parut dapat terjadi sebagai hasil setelah beberapa kali kambuh.

Kondisi ini sering dianggap sebagai bentuk parah dari jerawat. Hidradenitis suppurativa terjadi jauh di dalam kulit di sekitar kelenjar minyak (sebaceous) dan folikel rambut. Bagian-bagian tubuh yang terkena biasanya pangkal paha dan ketiak, yang juga merupakan lokasi utama dari kelenjar keringat apokrin.

Apa yang dimaksud dengan Hidradenitis Supuratif ?

Hidradenitis supuratif atau disebut juga akne inversa adalah peradangan kronis dan supuratif pada kelenjar apokrin. Penyakit ini terdapat pada usia pubertas sampai usia dewasa muda. Prevalensi keseluruhan adalah sekitar 1%.

Rasio wanita terhadap pria adalah 3:1.

Dari beberapa penelitian epidemiologi diketahui bahwa sepertiga pasien hidradenitis supuratif memiliki kerabat dengan hidradenitis. Merokok dan obesitas merupakan faktor risiko untuk penyakit ini. Penyakit ini juga sering didahului oleh trauma atau mikrotrauma, misalnya banyak keringat, pemakaian deodorant atau rambut ketiak digunting.

Beberapa bakteri telah diidentifikasi dalam kultur yang diambil dari lesi hidradenitis supuratif, diantaranya adalah Streptococcusviridans, Staphylococcus aureus, bakteri anaerob (Peptostreptococcus spesies, Bacteroi desmelanino genicus, dan Bacteroides corrodens), Coryne formbacteria, dan batang Gram-negatif.


Gambar Patogenesis Hidradenitis supuratif

Hasil Anamnesis (Subjective)

Keluhan awal yang dirasakan pasien adalah gatal, eritema, dan hiperhidrosis lokal. Tanpa pengobatan penyakit ini dapat berkembang dan pasien merasakan nyeri di lesi.

Faktor Risiko

Merokok, obesitas, banyak berkeringat, pemakaian deodorant, menggunting rambut ketiak

Hasil Pemeriksaan Fisik dan Penunjang Sederhana (Objective)

Pemeriksaan Fisik

Ruam berupa nodus dengan tanda-tanda peradangan akut, kemudian dapat melunak menjadi abses, dan memecah membentuk fistula dan disebut hidradenitis supuratif. Pada yang menahun dapat terbentuk abses, fistel, dan sinus yang multipel. Terdapat leukositosis.

Lokasi predileksi di aksila, lipat paha, gluteal, perineum dan daerah payudara. Meskipun penyakit ini di aksila seringkali ringan, di perianal sering progresif dan berulang.

Ada dua sistem klasifikasi untuk menentukan keparahan hidradenitis supuratif, yaitu dengan sistem klasifikasi Hurley dan Sartorius.

  1. Hurley mengklasifikasikan pasien menjadi tiga kelompok berdasarkan adanya dan luasnya jaringan parut dan sinus.

    • Tahap I : lesi soliter atau multipel, ditandai dengan pembentukan abses tanpa saluran sinus atau jaringan parut.

    • Tahap II :lesi single atau multipel dengan abses berulang, ditandai dengan pembentukan saluran sinus dan jaringan parut.

    • Tahap III: tahap yang paling parah, beberapa saluran saling berhubungan dan abses melibatkan seluruh daerah anatomi (misalnya ketiak atau pangkal paha).

  2. Skor Sartorius. Skor didapatkan dengan menghitung jumlah lesi kulit dan tingkat keterlibatan di setiap lokasi anatomi. Lesi yang lebih parah seperti fistula diberikan skor yang lebih tinggi daripada lesi ringan seperti abses. Skor dari semua lokasi anatomi ditambahkan untuk mendapatkan skor total.


Gambar Hidradenitis supuratif

Pemeriksaan Penunjang

Pemeriksaan darah lengkap

Penegakan Diagnostik (Assessment)

Diagnosis Klinis

Ditegakkan berdasarkan anamnesis dan pemeriksaaan fisik.

Diagnosis Banding

Furunkel, karbunkel, kista epidermoid atau kista dermoid , Erisipelas, Granuloma inguinal, Lymphogranuloma venereum, Skrofuloderma

Komplikasi

  1. Jaringan parut di lokasi lesi.
  2. Inflamasi kronis pada genitofemoral dapat menyebabkan striktur di anus, uretra atau rektum.
  3. Fistula uretra.
  4. Edema genital yang dapat menyebabkan gangguan fungsional.
  5. Karsinoma sel skuamosa dapat berkembang pada pasien dengan riwayat penyakit yang lama, namun jarang terjadi.

Penatalaksanaan Komprehensif (Plan)

Penatalaksanaan

  1. Pengobatan oral:

    • Antibiotik sistemik
      Antibiotik sistemik misalnya dengan kombinasi rifampisin600mg sehari(dalam dosis tunggalataudosis terbagi) danklindamisin300mgdua kali sehari menunjukkan hasil pengobatan yang menjanjikan. Dapsondengan dosis50-150mg/hari sebagaimonoterapi, eritromisin atau tetrasiklin 250-500 mg 4xsehari, doksisilin 100 mg 2xsehari selama 7-14 hari.

    • Kortikosteroid sistemik
      Kortikosteroid sistemik misalnya triamsinolon, prednisolon atau prednison

  2. Jika telah terbentuk abses, dilakukan insisi.

Konseling dan Edukasi

Edukasi dilakukan terhadap pasien, yaitu berupa:

  1. Mengurangi berat badan untuk pasien obesitas.
  2. Berhenti merokok.
  3. Tidak mencukur di kulit yang berjerawat karena mencukur dapat mengiritasi kulit.
  4. Menjaga kebersihan kulit.
  5. Mengenakan pakaian yang longgar untuk mengurangi gesekan
  6. Mandi dengan menggunakan sabun dan antiseptik atau antiperspirant.

Kriteria Rujukan

Pasien dirujuk apabila penyakit tidak sembuh dengan pengobatan oral atau lesi kambuh setelah dilakukan insisi dan drainase.

Peralatan

Bisturi

Prognosis

Prognosis umumnya bonam, tingkat keparahan penyakit bervariasi dari satu pasien dengan pasien lainnya.

Sumber :
Panduan Praktik Klinis Bagi Dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan primer

Referensi

Summary
  1. Alhusayen, R. & Shear, N. H. 2012. Pharmacologic Interventions For Hidradenitis Suppurativa. American Journal Of Clinical Dermatology, 13,pp 283-91. Available from http://search.proquest.com/docview/1030722679/fulltextPDF/2D2BD7905F304E8 7PQ/6?accountid=17242#(7 Juni 2014).
  2. American Academy of Dermatology. Hidradenitis suppurativa. Available from http://www.aad.org/dermatology-a-to-z/diseases-and-treatments/e--- h/hidradenitis-suppurativa(7 Juni 2014).
  3. Djuanda, A., Hamzah, M., Aisah, S. 2013. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Edisi keenam. Jakarta. Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
  4. Herrington, S. (2007). Hidradenitis suppurativa. In M. R. Dambro (Ed.), Griffith’s 5 minute clinical consult.14th Ed. Philadelphia. Lippincott Williams and Wilkins, pp. 570–572.
  5. Jovanovic, M. 2014. Hidradenitis suppurativa. Medscape. June 7, 2014. Hidradenitis Suppurativa: Practice Essentials, Background, Pathophysiology.
  6. Sartorius, K., Emtestam, L., Lapins, J. & Johansson, O. 2010. Cutaneous PGP
    9.5 Distribution Patterns In Hidradenitis Suppurativa. Archives of Dermatological Research, 302,pp. 461-8. Available from:
  7. Log In - ProQuest(7 Juni 2014)…
  8. Shah, N. 2005. Hidradenitus suppurative: A treatment challenge. American Family Physician, 72(8), pp. 1547-1552. Available from
  9. Hidradenitis Suppurativa: A Treatment Challenge | AAFP(7 Juni
    2014).