Apa yang dimaksud dengan Heterarki?

heterarki

Heterarki atau Heterarchy merupakan prinsip pengorganisasian yang berfokus pada jaringan struktur yang memiliki hubungan horizontal dalam kerja tim. Dalam heterarki, fokusnya adalah pada kompleksitas organisasi dan pada urutannya dengan melihat bentuk organisasi yang berbasis jaringan.

Sumber

*Bhatta, G. (2015). International Dictionary of Public Management and Governance. London:Routledge.

Menurut saya heterarki adalah sistem organisasi di mana elemen-elemen organisasi tidak memiliki peringkat (non-hierarkis) atau di mana mereka memiliki potensi untuk diberi peringkat dengan berbagai cara. Dalam ilmu sosial dan informasi, heterarki adalah jaringan elemen di mana setiap elemen memiliki posisi “horizontal” yang sama dari kekuasaan dan otoritas, masing-masing memainkan peran yang sama secara teoritis. Namun, dalam taksonomi biologis, ciri-ciri heterarki yang diperlukan melibatkan, misalnya, spesies yang berbagi, dengan spesies dalam spesies yang berbeda. keluarga, nenek moyang yang sama yang tidak dimiliki oleh anggota keluarganya sendiri. Ini secara teoritis dimungkinkan berdasarkan prinsip “transfer gen horizontal”.

Heterarki mungkin sejajar dengan a hirarki, dimasukkan ke dalam hierarki, atau mungkin berisi hierarki; kedua jenis struktur itu tidak berdiri sendiri-sendiri. Faktanya, setiap level dalam sistem hierarki terdiri dari kelompok yang berpotensi heterarki yang berisi elemen penyusunnya.

Konsep heterarki pertama kali digunakan dalam konteks modern oleh Warren McCulloch pada tahun 1945.