Apa yang dimaksud dengan Hedgehog Concept pada ilmu manajemen?

Istilah Hedgehog Concept sering kita temui terutama pada hal yang membahas manajemen khususnya manajemen strategi. Namun, apa yang sebenarnya dimaksud dengan hedgehog concept tersebut?

Istilah Hedgehog Concept atau konsep landak sebenarnya berasal dari buku Good to Great yang ditulis oleh Jim Collins. Dimana nama tersebut diambil dari kisah The foxes and the hedgehogs (serigala dan landak). Sebagai gambaran, serigala selalu memilih cara yang berbeda-beda untuk memangsa seekor landak. Hampir setiap hari serigala menggunakan cara yang berbeda agar mencapai tujuannya yaitu memangsa landak, namun tetap selalu gagal. Kegagalan tersebut ternyata disebabkan oleh landak yang hanya mempunyai satu cara untuk menghindar dari pemangsa. Landak akan berubah menjadi seperti bola berduri untuk melawan pemangsa dan cara tersebut selalu berhasil.

Menurut Collins, perusahaan yang sukses merupakan perusahaan yang konsisten dengan tidak melakukan berbagai macam praktek bisnis. Perusahaan tersebut yang disebut sebagai The Hedgehog. Berbeda dengan perusahaan yang selalu membuat praktek bisnis yang berbeda-beda sehingga membuat mereka tidak fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai. Perusahaan Seperti ini yang disebut sebagai The Fox. Maksud untuk tidak melakukan berbagai macam praktek bisnis disini bukanlah untuk tidak berkembang, tetapi untuk tetap fokus terhadap kompetensi apa yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

15-AM

Sebuah perusahaan agar dapat menerapkan hedgehog konsep perlu menjawab dan memahami tiga pernyataan berikut.

  • What you are deeply passionate about?

Disini perusahaan perlu mencari hal yang menjadi alasan atau dorongan anggotanya untuk berkontribusi pada perusahaan. Hal ini penting agar dapat tercapainya hedgehog concept tersebut.

  • What you can be the best in the world at?

Maksud dari pertanyaan tersebut yaitu dalam bidang apa perusahaan agar dapat menjadi yang terbaik di dunia. Perlu adanya pemahaman tentang kemampuan perusahaan sesungguhnya yang lebih baik dari kompetitor.

  • What best drives your economic or resource engine?

Dalam hal ini perlu memahami proses bisnis atau praktek bisnis seperti apa yang dapat menjadi sumber pendapatan utama dalam perusahaan agar dapat fokus pada praktek bisnis tersebut.

Setelah ketiga pertanyaan tersebut dapat dijawab dan dipahami lebih lanjut maka sebuah perusahaan akan menemukan hedgehog concept mereka.

Referensi

https://www.jimcollins.com/concepts/the-hedgehog-concept.html