Apa yang dimaksud dengan Harga Konstan atau Constant Price?

Constant Price

Harga Konstan atau Constant Price adalah sekumpulan harga umum yang digunakan untuk menilai output suatu perusahaan atau perekonomian dalam periode yang berurutan. Perubahan dalam aktivitas riil suatu perusahaan atau perekonomian diukur dengan menilai input dan output riilnya setiap tahun dengan harga yang sama.

Referensi

Black, John. (1997). Dictionary of Economics-Oxford University Press. New York: Oxford University Press

Definisi Harga Konstan

Harga konstan adalah cara untuk mengukur perubahan nyata dalam output. harga konstan mengacu pada tingkat produk domestik bruto (PDB) yang dinyatakan dalam istilah harga periode dasar (biasanya satu tahun).

Satu tahun dipilih sebagai tahun dasar. Untuk tahun berikutnya, output diukur dengan menggunakan tingkat harga tahun dasar. Ini tidak termasuk perubahan nominal dalam output dan memungkinkan perbandingan barang dan jasa aktual yang diproduksi.

Kelemahan menggunakan harga konstan adalah adanya perubahan nyata dalam nilai. Misalnya, nilai dan jumlah yang dibelanjakan oleh uang Rp100.000 pada tahun 1950 tidak sama dengan nilai dan jumlah yang dapat dibelanjakan pada tahun sekarang. Nilai uang dan harga berubah seiring dengan inflasi dinegara tersebut.

Menggunaan harga konstan berarti menghitung harga berdasarkan harga pada tahun yang dipilih sebagai tahun awal tanpa menyesuaikan pengaruh inflasi.

Harga Konstan (Constant Prices) vs Harga Saat Ini (Current Price)

Harga konstan berbeda dengan harga saat ini. Harga Saat Ini mengukur PDB, inflasi, dan harga aset menggunakan harga aktual yang ada dalam perekonomian. Harga saat ini dipengaruhi oleh pengaruh inflasi harga. Harga konstan digunakan untuk mengukur pertumbuhan sebenarnya dari suatu rangkaian.

Misalnya (menggunakan tahun pertama sebagai tahun dasar), anggap Produk Domestik Bruto (PDB) nominal naik dari 100 miliar menjadi 110 miliar, dan inflasi sekitar 4%. Dalam harga riil, PDB tahun kedua akan menjadi sekitar 106 miliar, yang mencerminkan pertumbuhan sebenarnya sebesar 6%.

Sumber

What is the difference between current and constant data?. https://datahelpdesk.worldbank.org/knowledgebase/articles/114942-what-is-the-difference-between-current-and-constan diakses pada 20 April 2021.