Apa yang dimaksud dengan Hampton Roads Conference saat Perang saudara Amerika ?

image

Pada tahun 1865, Presiden Abraham Lincoln bertemu dengan delegasi pejabat Konfederasi di Hampton Roads, Virginia, untuk membahas kemungkinan perjanjian damai. Lincoln menolak untuk memberikan delegasi konsesi, dan pertemuan berakhir dalam beberapa jam.

Pada musim dingin 1864 dan 1865 situasi tentara konfederasi semakin memburuk dimana pada Januari saja pasukan union berhasil merebut benteng fisher dan sekaligus memutus hubungan Wilmington yaitu pelabuhan terakhir milik konfederasi. Akhirnya presiden konfederasi Jefferson Davis menghubungi perwakilan Union untuk mengatur sebuah pertemuan dengan presiden Abraham Lincoln untuk membahas komisi perdamaian.

Pada tanggal 3 Februari 1865, Presiden Abraham Lincoln (1809-65) dan Menteri Luar Negeri William H. Seward (1801-72) bertemu dengan tiga pejabat Konfederasi, termasuk Wakil Presiden Alexander H. Stephens (1812-83), untuk membahas kemungkinan bernegosiasi untuk mengakhiri Perang Sipil Amerika. Konferensi Hampton Roads, berlangsung di kapal uap dekat Hampton, Virginia. Pihak konfederasi saat itu meremehkan keinginan Lincoln untuk menghentikan perbudakan dimana konfederasi masih berani untuk meminta hak agar perdamaian dapat terjadi. Namun Lincoln langsung memberikan tuntutanya kepada konfederasi yang berisi :

  1. Penghentian Perbudakan
  2. Pelucutan senjata tentara konfederasi
  3. Reunifikasi antara union dan konfederasi

Pihak konfederasi tidak bisa berbuat banyak karena saat itu Union berada di atas angin dalam situasi peperangan. Tapi pihak konfederasi juga tidak mau mengikuti keinginan Lincoln dan Lincoln sendiri tidak mau merubah pendirianya. Akhirnya konferensi ini tidak berakhir apa-apa dan perang tetap berlanjut.

Apa yang dimaksud dengan Hampton Roads Conference saat Perang saudara Amerika ?

Sumber :

Pada tanggal 3 Februari 1865, Presiden Abraham Lincoln (1809-65) dan Sekretaris Negara William H. Seward (1801-72) bertemu dengan tiga pejabat Konfederasi, termasuk Wakil Presiden Alexander H. Stephens (1812-83), untuk membahas kemungkinan negosiasi mengakhiri Perang Saudara Amerika, yang telah dimulai hampir empat tahun sebelumnya pada bulan April 1861. Hampton Roads Conference, yang berlangsung di kapal uap dekat Hampton, Virginia, adalah sebuah kegagalan, karena pejabat Konfederasi tidak berwenang untuk menerima apapun penyelesaian selain kemerdekaan Selatan, yang Lincoln menolak untuk mempertimbangkan. Perang berlanjut selama dua bulan.

Hampton Roads Conference: Background

Editor dan abolisionis New York Tribune, Horace Greeley (1811-72) memberikan dorongan untuk Konferensi Hampton Roads ketika ia menghubungi Francis Blair (1791-1876), seorang tokoh politik berpengaruh dan penasihat tidak resmi untuk Presiden Abraham Lincoln . Setelah Greeley menyarankan bahwa Blair adalah orang yang tepat untuk membuka diskusi dengan Konfederasi untuk mengakhiri perang, Blair meminta izin dari Lincoln untuk bertemu dengan Presiden Konfederasi Jefferson Davis (1808-89), dan melakukannya dua kali pada Januari 1865. Blair merekomendasikan kepada Davis bahwa gencatan senjata ditempa dan kedua belah pihak mengalihkan perhatian mereka untuk menghapus rezim Maximilian yang didukung Perancis (1832-67) di Meksiko . Rencana ini akan membantu meredakan ketegangan antara Utara dan Selatan dengan menyediakan musuh bersama, ia percaya.

Tahukah kamu? The Battle of Hampton Roads, pada tanggal 9 Maret 1862, adalah duel pertama dalam sejarah antara kapal perang berkekuatan besar, Monitor dan Virginia. Meskipun pertempuran itu sendiri tidak dapat disimpulkan, ia memulai era baru dalam perang laut.

Sementara itu, situasi menjadi semakin buruk bagi Konfederasi pada musim dingin tahun 1864 dan 1865. Pada bulan Januari, pasukan Union merebut Fort Fisher dan secara efektif menutup Wilmington, North Carolina , pelabuhan utama terakhir yang terbuka untuk memblokade pelari. Davis berunding dengan wakil presidennya, Alexander Stephens, yang merekomendasikan agar komisi perdamaian ditunjuk untuk mengeksplorasi kemungkinan gencatan senjata. Davis mengirim Stephens, bersama dengan Senator Robert MT Hunter (1809-87) dari Virginia dan Asisten Sekretaris Perang John Campbell (1811-89), untuk bertemu dengan Lincoln di Hampton Roads.

Hampton Roads Conference: 3 Februari 1865

Pertemuan diadakan pada 3 Februari di atas kapal uap Sungai Ratu dekat Virginia Fort Monroe di Hampton, Virginia. Stephens bertanya apakah ada cara untuk menghentikan perang dan Lincoln menjawab bahwa satu-satunya cara adalah “bagi mereka yang menentang hukum Uni untuk menghentikan perlawanan itu.” Delegasi itu meremehkan tekad Lincoln untuk menjadikan perbudakan sebagai syarat yang diperlukan. untuk kedamaian apa pun. Presiden juga mendesak agar penyatuan kembali segera dilakukan dan meletakkan senjata Konfederasi sebelum hal lain dibahas. Singkatnya, Uni berada dalam posisi yang menguntungkan sehingga Lincoln tidak perlu menyerahkan masalah apa pun kepada Konfederasi. Robert MT Hunter, anggota delegasi, berkomentar bahwa Lincoln menawarkan sedikit kecuali penyerahan tanpa syarat dari Selatan. Setelah kurang dari lima jam, konferensi berakhir dan delegasi pergi tanpa konsesi. Perang berlanjut selama lebih dari dua bulan.