Apa yang dimaksud dengan hamburan Compton atau Compton Scattering?

image
Hamburan compton adalah salah satu fenomena fisis yang terjadi saat atom bertumbukan dengan atom yang lain. Bagaimana penjelasan fisika mengenai hal tersebut?

Hamburan Compton terjadi pada peristiwa efek fotolistrik, dimana cahaya yang dijatuhkan pada sekeping logam diperlakukan sebagai paket energi yang disebut foton, sehingga foton menumbuk atom logam.

Efek fotolistrik adalah gejala terpancarnya elektron dari sebuah bahan yang disinari. Pada efek fotolistrik, interaksi antara foton dengan atom bahan mengakibatkan terjadinya loncatan elektron. Energi yang dibawa oleh foton digunakan untuk melepaskan (mengeksitasi) elektron dari logam yang berenergi W (fungsi kerja yang nilainya bergantung pada bahan) dan sisanya diberikan kepada elektron sebagai energi kinetik K untuk bergerak dengan kecepatan v.

Ketika foton menumbuk elektron, sebagian energi foton akan diberikan kepada elektron sehingga elektron memiliki energi kinetik
(Arthur H. Compton)

compton scattering

Pengurangan energi foton, menurut teori kuantum, akan menghasilkan perubahan frekuensi dan panjang gleombang. Ini dibuktikan dengan hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa setelah tumbukan, panjang gelombang foton bertambah besar. Energi foton setelah tumbukan dijabarkan oleh rumus di bawah.

compton scattering