Apa yang Dimaksud dengan Hacker?

Dalam ruang lingkup pembahasan jaringan komputer, kita sering mendengar istilah hack, hacker, dan hacking, pertanyaan saya adalah apa yang dimaksud dengan istilah hacker itu sendiri?

Sumber: http://s1.ibtimes.com/sites/www.ibtimes.com/files/styles/lg/public/2017/02/07/hacker.jpg

Isitilah Hacker pertama disebut sekitar tahun 1960an yang merujuk kepada seseorang programmer yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan efisiensi suatu program dengan cara “menghilangkan” baris - baris kode yang berlebih yang pada zaman tersebut dianggap sangat susah karena banyaknya aturan dan batasan bahasa pemrograman. Seiring berjalannya waktu pengertian dari kata Hacker menjadi "seseorang yang memiliki pemahaman dalam mengenai komputer,programming, dan jaringan"

Hacker sendiri terdiri dari 3 macam yaitu:

  1. White Hat Hacker
    Yaitu Hacker yang mampu melakukan penetrasi keamanan jaringan sehingga disewa perusahaan untuk menembus jaringannya sendiri dengan tujuan agar mengetahui kelemahan jaringan sehingga bisa dibenahi sebelum ada hacker kriminal yang menembus.

  2. Black Hat Hacker
    Yaitu Hacker yang melakukan tindakan hacking dengan tujuan buruk yaitu mencuri data, menyebarkan malware, bahkan hanya sekedar merusak suatu sistem.

  3. Gray Hat Hacker
    Yaitu Hacker yang berada ditengah - tengah White Hat dan Black Hat. Disebut seperti itu karena tujuan mereka melakukan hacking kebanyakan untuk belajar menembus suatu sistem dan mencari kelemahannya namun tidak pasti apakah hal tersebut digunakan untuk melakukan suatu tindak kriminal, namun tidak bisa disebut white hat juga karena tidak mendapat izin dari pihak lain.

Sumber:

Hacker adalah ahli komputer terampil yang menggunakan pengetahuan teknis mereka untuk mengatasi suatu masalah. Sementara “hacker” bisa merujuk ke pemrogram komputer yang ahli, istilah ini telah dikaitkan dengan budaya populer dengan “hacker keamanan”, seseorang yang, dengan pengetahuan teknisnya, menggunakan bug atau eksploitasi untuk masuk ke sistem komputer.

Budaya hacker adalah sebuah ide yang berasal dari komunitas pemrogram komputer dan perancang sistem yang antusias di tahun 1960an di sekitar MIT Tech Corp. (MITRC) Tech Model Railroad Club (TMRC) dan MIT Artificial Intelligence Laboratory. Konsep ini diperluas ke komunitas komputasi rumahan hobi, dengan fokus pada perangkat keras di akhir 1970an (misalnya Homebrew Computer Club) dan perangkat lunak (permainan video, cracking perangkat lunak, demoscene) pada tahun 1980an / 1990an. Nantinya, ini akan mencakup banyak definisi baru seperti seni, dan Life hacking.

Sumber :

Memang bila kita mendengar kata hacker yang langsung terlintas adalah hal-hal negatif seperti membobol bank, mencuri informasi perusahaan, mencuri akun seseorang, dan hal-hal yang merugikan lainnya. Dalam benak kita, hacker adalah orang-orang yang pandai mengoperasikan komputer dan membobol keamanan jaringan. Namun sayangnya, hacker bukanlah seperti itu bila ditilik kembali ke esensi nya. Aktifitas hacking pada dunia profesional dan industri berkaitan erat dengan upaya peningkatan keamanan dari suatu teknologi baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Kemudian istilah seorang hacker itu sebetulnya ialah sebutan untuk Security Researcher.

Pada kenyatannya, perusahaan sangat membutuhkan para hacker ini yang tentu bukan tujuan merusak, namun mereka berani membayar mahal bagi hacker yang berniat untuk mencarikan celah keamanan dari produk perusahaan tersebut. Perusahaan seperti facebook, google, yahoo dan lainnya mengakui hal tersebut sangat dibutuhkan karena celah keamanan tersebut akan sangat merugikan bila tidak segera ditangani.

SUMBER