Apa yang dimaksud dengan gunpla?

gundam

Gundam (Jepang: ガ ン ダ ム dibaca “GANDAMU” karena orang jepang jika di belakang ada konsonan jadi dikasih ‘U” . Berarti seharusnya dibaca “GANDAM” bukan “GUNDAM”), Adalah Anime dengan genre Mecha/robot yang menampilkan robot raksasa yang disebut “Mobile Suit” atau yang lebih dikenal dengan sebutan “First Gundam” adalah serial anime TV Series yang dibuat oleh Hajime Yatake dan Yoshiyuki Tomino dan diproduksi oleh Sunrise Inc.

Gundam Franchise juga menyebabkan terciptanya salah satu industri mainan Jepang yaitu gundam plastic model kit (atau disingkat “Gunpla”) yang menjadi hobi model kit terbesar.

Gunpla (ガンプラ Ganpura) atau yang lebih dikenal dengan kepanjangan “Gundam Plastic Model kit” adalah plastik Model kit Gundam yang Pembuatan gunpla diadaptasi dari anime berjudul Mobile Suit Gundam dan diproduksi oleh Bandai, yang memiliki lisensi eksklusif di bidang manufaktur dan pemasaran di seluruh dunia. Dari namanya model kit pasti sudah bisa ditebak ya harus dirakit. Gunpla terdiri dari cetakan model plastik; sprues dengan plastik jenis Polystyrene (PS) yang kemudian harus dipotong sebelum perakitan. kebanyakan model pasca-1990 sudah memiliki bagian snap-fit dan sudah tidak lagi membutuhkan perekat seperti semen plastik seperti pada model sebelumnya. Plastik model kit Gundam biasanya disertakan dengan stiker atau waterslide decal/dry decal untuk menerapkan warna tambahan dan detail tanda tanda seperti caution atau warning seperti terlihat pada gundam aslinya di Tv series.