Apa yang dimaksud dengan Green Brand Image?

Apa yang dimaksud dengan Green Brand Image?

Apa yang dimaksud dengan Green Brand Image?

Keller (2012) mendefinisikan Green brand image sebagai seperangkat keyakinan, ide, dan kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu brand. Menurut Simamora (2004) mengatakan bahwa image adalah persepsi yang relative konsisten dalam jangka panjang (enduring perception). Pada dasarnya Green brand image s, yakni diskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek tertentu.

Dari beberapa teori yang dikemukakan para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa Green brand image adalah seperangkat keyakinan pada suatu nama, simbol / design dan kesan yang dimiliki seorang terhadap suatu merek yang diperoleh berdasarkan informasi tentang fakta-fakta yang kemudian menggunakan merek tersebut, sehingga kesan yang muncul ini relatif jangka panjang yang terbentuk dalam benak konsumen.

Manfaat green brand image

Menurut Kotler & Keller (2012), terdapat banyak manfaat merek, baik bagi penjual, distributor, maupun konsumen, yaitu :

1. Bagi Penjual :

  • Nama merek memudahkan penjual untuk mengolah pesanan-pesanan dan menekan permasalahan.

  • Nama merek dan tanda dagang akan secara hukum melindungi penjual dari pemalsuan ciri-ciri produk, karena bila tidak, setiap pesaing akan meniru produk yang telah berhasil di pasaran.

  • Merek memberi penjual peluang kesetiaan konsumen pada produk.

  • Merek dapat membantu penjual dalam mengelompokkan pasar ke dalam segmensegmen.

  • Citra perusahaan dapat dibina dengan adanya merek yang baik.

2. Bagi Distributor

Distributor menginginkan adanya merek sebagai cara untuk memudahkan penanganan produk, mengidentifikasi pembekal, meminta produksi agar bertahan pada standar mutu tertentu dan juga meningkatkan pilihan para pembeli.

3. Bagi Konsumen

Konsumen menginginkan dicantumkannya merek untuk mempermudah mengenali perbedaan mutu serta agar dapat berbelanja dengan lebih efisien.

Komponen Green brand image

Menurut Sutisna (2012), Green brand image memiliki 3 variabel pendukung, yaitu :

  1. Citra Pembuat ( Corporate Image ) merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap perusahaan yang membuat suatu produk atau jasa.

  2. Citra Pemakai ( User Image ) merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap pemakai yang menggunakan suatu barang atau jasa.

  3. Citra Produk ( Product Image ) merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap suatu produk.