Apa yang dimaksud dengan Goal Oriented Product Roadmap ?

Product roadmap berorientasi tujuan

Pada product roadmap ada yang namanya Goal Oriented Product Roadmap. Lalu seperti apakah itu Goal Oriented Product Roadmap ?

Goal Oriented (GO) Product Roadmap adalah salah satu jenis agile product roadmap yang berfokus pada tujuan yang ingin dicapai oleh product owner. GO product roadmap focus pada sasaran membuat anda terarah pada hasil produk yang ingin anda capai. Visi, strategi, dan roadmap menjadi bagian yang berharga di dalam GO product roadmap. GO ini mendukung anda dalam memikirkan fitur-fitur yang paling berharga untuk mencapai tujuan anda. Selain itu, GO product roadmap juga membantu anda dalam mendapatkan gambaran mengenai pengembangan produk anda selama perilisan produk di masa mendatang yang berguna untuk memanage stakeholder anda.

Hal yang harus ditentukan saat membuat GO product roadmap adalah tujuan dari setiap perilisan produk sebelum anda mengidentifikasi fitur-fitur yang harus disediakan di dalam produk. Hal tersebut berguna untuk memastikan bahwa fitur-fitur tersebut memenuhi tujuan yang ingin dicapai secara tepat. Berikut contoh templatenya :

Template tersebut diisi dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Berikut penjelasan pembuatan dan isi template diatas:

  • Baris ke-1 menyatakan tanggal atau jangkau waktu untuk perilisan produk di masa mendatang.
  • Baris ke-2 menyatakan nama atau versi rilisnya.
  • Baris ke-3 menyatakan tujuan dari setiap perilisan, manfaat yang diberikan, hasil yang ingin dicapai.
  • Baris ke-4 menyatakan fitur yang diperlukan untuk mencapai tujuan, bukan tujuan dalam diri pembuat roadmap namun sarana untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Baris ke-5 menyatakan metric yaitu pengukuran yang membantu anda menentukan apakah tujuan telah dipenuhi atau tidak dan apakah perilisan produk berhasil atau tidak.

Referensi: