Apa yang dimaksud dengan Gingivoplasti?

Gingivoplasti

Gingivoplasti adalah prosedur operasi ringan untuk mengembalikan estetika dari gusi yang mengalami pembengkakan yang diakibatkan karena penyakit atau pemakaian kawat gigi.

Apa yang dimaksud dengan Gingivoplasti ?

Gingivoplasti adalah teknik pembentukan ulang gingiva untuk menciptakan kontur fiologis gingiva tanpa adanya poket. Gingivoplasti sebenarnya serupa dengan gingivektomi, tetapi tujuannya berbeda. Gingivektomi dilakukan untuk mengeliminasi poket-poket periodontal dan mencakup pembentukan ulang bagian dari teknik gingivektomi. Tujuan utama gingivoplasti adalah restorasi kontur fisologis gingiva yang dapat membantu mencegah terjadinya rekurensi penyakit periodontal. Pada akhirnya gingivoplasti harus dapat meningkatkan akses untuk melakukan kontrol plak dengan efesien oleh pasien. Biasanya prinsip-prinsip gingivoplasti digabungkan dengan gingivektomi, kedua prosedur tersebut seringkali dilakukan bersamaan. .

Gingivoplasti juga dapat dilakukan tanpa harus melakukan gingivektomi, yaitu sebagai prosedur perawatan bila margin gingiva berbentuk tumpul dan fibrotik. Walaupun perawatan penghalusan akar, kuretase, dan pemeliharaan oral hygiene biasanya menghilangkan atau mengurangi deformitas yang disebabkan oleh edema dan infiltrasi sel-sel peradangan, deformitas yang fibrotik (hiperplasia) dapat bertahan dan tidak dapat dihilangkan dengan perawatan tersebut, sehingga kondisi ini baik dikoreksi melalui prosedur pembedahan.

Indikasi Gingivoplasti :

  • Apabila tidak adanya kontur fisiologis gingiva dengan jaringan gingiva yang keras dan fibrotik tetapi mudah untuk eksisi dan dibentuk. Tipe jaringan ini biasanya terjadi karena iritasi kronis.

  • Adanya altered passive eruption dimana gingivanya menutupi sebagian besar mahkota anatomik

  • NUG yang rekuren yang telah mengubah bentuk gingiva

  • Hiperplasia gingiva

Teknik gingivoplasti

Gingivoplasti biasanya dilakukan dengan menggunakan pisau periodontal, scalpel, rotary, stone intan yang kasar , atau elektroda. Larutan anestetikum diinjeksikan ke marginal gingiva dan papila interproksimal. Dengan menggunakan goldman fox no.7 margin gingiva dan attached gingiva diukir dengan bevel yang panjang dan konturnya dibentuk sesuai rancangan yang diinginkan. Perhatiakan baik- baik bagian papila interproksimal.

Bagian interproksimal tidak hanya harus dibentuk sesuai bentuk yang dirancangkan tetapi juga, bila mugkin diukir sedemikan sehingga bentuknya menjadi cekung dari aspek labial. Pemotongan dimulai dari tengah daerah col, hal ini akan memungkinkan terpotongnya sebagian besar pucak gingiva. Pada daerah posterior pemotongan pada umumnya lebih landai karena dimensi interdental bagian bukolingual yang lebih besar.