Apa yang dimaksud dengan generalisasi pola dalam computational thinking?

image

Pola adalah bentuk atau model (atau, lebih abstrak, suatu set peraturan) yang bisa dipakai untuk membuat atau untuk menghasilkan suatu atau bagian dari sesuatu, khususnya jika sesuatu yang ditimbulkan cukup mempunyai suatu yang sejenis untuk pola dasar yang dapat ditunjukkan atau terlihat, yang mana sesuatu itu dikatakan memamerkan pola. Deteksi pola dasar disebut pengenalan pola.

Pola yang paling sederhana didasarkan pada repetisi: beberapa tiruan satu kerangka digabungkan tanpa modifikasi.

Apa yang dimaksud dengan generalisasi pola dalam computational thinking ?

Generalisasi adalah proses pengambilan kesimpulan secara umum atau lebih sederhana dari suatu masalah. Sedangkan pola adalah suatu bentuk pemodelan dari suatu masalah yang memiliki struktur tetap. Jadi, Pattern Generalization adalah suatu kemampuan dimana kita bisa mengambil kesimpulan sederhana dari suatu masalah yang memiliki pola tertentu atau struktur dan bentuk yang tetap.

“Kemampuan generalisasi pola melibatkan kemampuan untuk membangun dan membenarkan serta menafsirkan struktur yang terdefinisi dengan baik dari serangkaian isyarat awal yang terbatas” (Rivera,2013)

.

"Pattern Generalization adalah proses membuat model, aturan, prinsip dasar dari pola yang telah diamati untuk menguji penalaran secara prediktif” Google for Education

Struktur semacam itu bersifat matematis, dalam hal ini mengacu pada " Sebuah konstruksi mental yang memenuhi kumpulan aturan formal dimana proses penalaran dapat dilakukan. " (National Research Council, 2013). Karena itu, Generalisasi Pola (Pattern Generalization) dan struktur matematika sangat erat hubungannya dan secara konseptual memiliki keterkaitan , Sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan ini adalah kemampuan yang memungkinkan sesorang untuk menggunakan penalaran secara prediktif. Tujuan dilakukannya tahapan Pattern Generalization adalah untuk menemukan sebuah fakta antara hubungan beberapa variabel yag menggambarkan masalah yang sedang dihadapi.

Nah, Pattern Generalization ini merupakan salah satu tahapan dalam Computational Thinking. Computational Thinking atau berpikir secara komputasi adalah cara atau proses berpikir yang melibatkan pemformulaan sebuah masalah dan menyampaikan solusinya dalam suatu cara seperti yang dilakukan oleh komputer (baik manusianya yaitu brainware atau hardware) menggunakan pendekatan yang efektif dan efisien.

Pattern Generalization adalah sebuah skill, yang artinya hal ini dapat di pelajari dan juga dilatih sehingga dapat dikuasai. Sebab itu, mempelajari dan melatih skill ini adalah suatu keharusan bagi Anda para pelajar maupun mahasiswa di Indonesia demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia milik bangsa.

Sumber :

  • The Distributed Nature Of Pattern Generalization by Ferdinand Rivera
  • Curriki
  • Ctillustred

Pattern Generalization dan Abstraction adalah kemampuan untuk menyaring informasi yang tidak perlu untuk menyelesaikan jenis permasalahan tertentu dan menggeneralisasi informasi yang diperlukan. Pattern Generalization dan Abstraction memungkinkan kita untuk merepresentasikan ide atau proses dalam bentuk umum (contoh: variabel), sehingga kita dapat menggunakannya untuk menyelesaikan masalah lainnya yang mirip.

Pola generalisasi memungkinkan pendekatan umum terhadap masalah yang kompleks. Khususnya pada pembuatan model, aturan, prinsip, atau teori pola hasil observasi untuk menguji outcomes yang akan terprediksi. Dalam kata lain pattern genralization adala metode untuk mencari tau hubungan yang benar antara variabel abstarksi pada outcomes yang akurat. Seperti melakukan generalisasi dan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum yang menghasilkan pola, tren dan keteraturan tersebut. Misalnya dengan menempatkan semua file sistem di folder Windows, file program di folder Program Files, file data/dokumen di Folder Mydocument dan file pendukung di Drive/Direktory terpisah.

Sumber :

  • Kompasiana - Computational Thinking=Computer Science++
  • Wikipedia - Generalization
  • Youtube - Pattern Generalization

Computational thinking adalah proses pemikiran yang terlibat dalam merumuskan masalah dan mengekspresikan solusi-solusinya sedemikian rupa sehingga manusia atau mesin dapat melakukan suatu hal dengan efektif.

Generalisasi dan penerapan terhadap masalah-masalah lain adalah salah satu karakteristik dari computational thinking. Ada lebih dari satu penafsiran arti generalisasi bagi para ilmuwan coputer. Salah satunya adalah mengadaptasi solusi dari suatu masalah untuk menyelesaikan masalah lain. Kita dapat mengambil sebuah algoritma yang memecahkan beberapa masalah spesifik dan mengadaptasinya sehingga dapat memecahkan masalah serupa. Lalu kapanpun kita harus menyelesaikan masalah baru seperti itu kita hanya menerapkan solusi umum ini.

Penafsiran lainnya yaitu generalisasi melibatkan penggantian banyak hal dengan suatu hal. Katakanlah saya merancang banyak jenis sepeda tapi hanya ingin menulis satu program. Pertama-tama saya akan memutuskan apa kesamaan dari semua sepeda, seperti roda, bingkai, tempat duduk, dll. Saya kemudian dapat menulis sebuah program yang menggunakan variabel dan fungsi ketika saya sampai ke fitur ini.

Contoh penggeneralisasian untuk membuat atau merancang jenis-jenis sepeda:

  • Model-model

    1. Uni Cycle
    2. Sepeda Balap
    3. BMX
  • Jumlah Roda

    1. satu roda
    2. dua roda
    3. dua roda
  • Lebar Roda

    1. 30mm
    2. 15mm
    3. 45mm
  • Diameter Roda

    1. 300mm
    2. 1000mm
    3. 500mm
  • Lebar Tempat Duduk

    1. 90mm
    2. 60mm
    3. 90mm

Generalisasi bertujuan untuk mengurai atau mebagi bagi dan membuat suatu penyelesaian masalah menjadi lebih simple atau umum.**

sources

http://code-it.co.uk/csvocab
https://en.wikipedia.org/wiki/Computational_thinking
https://computationalthinkingcourse.withgoogle.com/unit