Apa yang dimaksud dengan Gelombang Gravitasi?

Jika ada dua muatan sejenis, maka akan terjadi tolak menolak. Tapi tolak menolak ini tidak berlangsung secara spontan, butuh waktu sepersekian detik sebelum kedua muatan ini merasakan gaya tolak menolak. Dari teori Maxwell didapat informasi antar muatan ini bergerak dalam bentuk gelombang elektromagnet.

image
Sumber gambar : info astronomi

Gelombang gravitasi dapat dihasilkan oleh objek apa pun yang ada di alam semesta yang mengalami perubahan kecepatan dan arah. Sederhananya, gelombang gravitasi adalah gangguan di alam semesta yang bisa dibayangkan sebagai kerut pada kain atau riak yang terbentuk di kolam tenang ketika kita mencelupkan dan menarik jari tangan kita ke dalamnya. Gelombang gravitasi ini terjadi ketika dua benda bermassa saling mengitari satu sama lain dan menciptakan “ombak” di dalam struktur ruang dan waktu.

Pada prinsipnya, ketika gelombang gravitasi melewati suatu benda, ia akan membuat benda tersebut sedikit berubah bentuk. Benda tersebut akan memuai dan memampat sesuai arah dari gelombang gravitasi tersebut.

Pendeteksian gelombang gravitasi dianggap telah membuka era baru dunia astronomi dan astrofisika. Sebab, dengan dideteksinya gelombang tersebut, kita dapat mempelajari secara lebih dalam kejadian-kejadian yang pernah terjadi di alam semesta. Sebagai contoh, gelombang gravitasi yang terdeteksi pada September 2015 lalu merupakan gelombang yang terbentuk akibat tabrakan antara dua lubang hitam. Sedangkan gelombang gravitasi yang terdeteksi pada 17 Agustus 2017 terbentuk akibat tabrakan dua bintang neutron.

Dengan adanya penelitian terkait gelombang-gelombang gravitasi tersebut, kita bisa mengetahui bahwa di alam semesta pernah terjadi tabrakan antarlubang hitam maupun tabrakan antarbintang neutron. Khusus untuk gelombang gravitasi yang terbentuk akibat tabrakan bintang neutron ini, diketahui menghasilkan emas, platina, dan unsur-unsur kimia berat lainnya yang kini terdapat di Bumi.

Sumber : https://kumparan.com/@kumparantech/apa-itu-gelombang-gravitasi
http://kafeastronomi.com/apa-itu-gelombang-gravitasi.html