Apa yang dimaksud dengan Gazebo?

Gazebo adalah bangunan kecil yang dirancang khusus dengan dinding-dinding terbuka dan dibangun di lokasi yang memiliki pemandangan indah dan dibuat dengan tujuan sebagai tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama anggota keluarga.

Referensi

Medlik,S. (2003). Dictionary of Travel,Tourism and Hospitality. Third Edition-Butterworth Heinemann

  • Pengertian Gazebo

Gazebo adalah bangunan yang biasanya diletakkan pada daerah-daerah terbuka yang memiliki pemandangan yang unik, indah, menyejukkan. Biasanya fungsi gazebo adalah sebagai tempat yang digunakan untuk bersantai dan menghabiskan waktu, sambil bercengkrama bersama dengan menikmati keindahan pemandangan sekitarnya.

  • Fungsi Gazebo

Fungsi pertama gazebo yang akan dijelaskan ini adalah bisa sebagai tempat refreshing atau beristirahat. Pasalnya memang gazebo bisa memberikan Anda kenyamanan dengan hanya bersantai didalamnya. Anda yang sepulang dari kerja dan merasa kelelahan bisa langsung pergi ke gazebo ini untuk bersantai dan menikmati udara segar yang tericpta. Melepas penat ataupun stress dengan bersantai pun juga amat bisa di gazebo tersebut.

Fungsi lain yang juga tak kalah penting adalah sebagai penghias rumah. Dijamin rumah atau halaman belakang dimana umumnya gazebo dibangun akan semakin indah lagi dengan hadirnya bangunan ini. Anda pun bisa memilih desain yang disukai pula lalu disesuaikan dengan apa konsep yang rumah punyai. Untuk itulah wajar saja bagi orang yang punya halaman kosong dan ingin mempercantiknya akan lebih banyak memilih gazebo.

Gazebo juga bisa menjadi pilihan utama dimana tempat bagi keluarga berkumpul dan bercengkerama. Anda bisa mengundang kerabat, teman ataupun orang lain pun di gazebo ini sekaligus menikmati pemandangan dan udara segar yang ada. Pastinya akan menjadi lokasi yang nyaman untuk saling bercerita dan bercengkrama satu sama lainnya di gazebo ini. Anda yang punya anak-anak pun bisa memanfaatkan gazebo ini sebagai tempat bermain anak.
Tempat yang menarik untuk dibangun gazebo, misalnya di tepi kolam ikan, di tengah taman bunga, atau bisa juga di taman belakang rumah, atau di tempat-tempat sejenis dengan itu.

  • Tujuan pembangunan Gazebo

Karena memang tujuan dibangunnya gazebo, adalah sebagai tempat untuk menikmati kawasan sekitarnya, maka gazebo akan dibangun dengan membuat banyak bukaan pada setiap sisinya, bahkan biasanya hampir tidak ada penutup dinding pada setiap sisi gazebo, jadi kebanyakan gazebo akan menggunakan tiang-tiang penyangga atap saja.

  • Sejarah Gazebo

Penyebutan gazebo sendiri dahulu diperkenalkan oleh orang Eropa yang ada di Indonesia, jadi namanya terdengar lebih keren. Tetapi sebenarnya orang Indonesia sudah mengenal bangunan jenis ini sejak lama, bahkan sebelum orang Eropa datang ke Nusantara. Misalnya saja untuk orang Sunda menyebut bangunan ini sebagai Saung, atau orang Jawa menyebutnya sebagai Gubug.

Untuk orang Jawa, lebih banyak menyebut gubug, sebagai bangunan kecil (gazebo) di tengah sawah, fungsinya adalah tepat untuk beristirahat bagi orang yang bekerja di sawah, dan sebagai tempat untuk mengamati sawah tersebut. Untuk saung sendiri kira-kira artinya hampir sama seperti gubug pada orang Jawa.

Sedangkan, untuk gazebo yang berada di bagian depan rumah, terutama sekali pada rumah-rumah tradisional Jawa, dan fungsinya adalah untuk menerima tamu, disebut sebagai pendopo, Biasanya pendopo dan bangunan utama pada rumah adat Jawa, dipisah dan dihubungkan dengan menggunakan koridor, tetapi terkadang ada juga yang langsung menyambungkan pendopo dengan rumah utama.

Jadi, sebenarnya konsep gazebo sudah dikenal oleh Bangsa Indonesia sejak lama, bahkan sebelum Bangsa Eropa datang ke Indonesia.

Karena perbedaan budaya, sejarah, dan bahan yang paling banyak ditemukan di daerah asalnya, maka bahan bangunan yang digunakan oleh Eropa dalam membangun gazebo akan berbeda dengan bahan bangunan yang digunakan oleh orang Indonesia.

  • Komposisi bahan pembuatan Gazebo

Dalam membangun gazebo biasanya orang Eropa lebih senang menggunakan bahan bangunan kokoh seperti beton, batu bata, atau baja, hal ini kerena di daerah asalnya mereka mengenal empat musim dan biasanya mereka juga mengenal badai dan cuaca buruk.

Karena itu bahan yang kuat dan tanah lama sering menjadi pilihan. Biasanya gazebo pada orang Eropa sering digunakan pada musim semi dan musim panas, karena pada saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk bersantai di luar rumah.

Sedangkan untuk orang Indonesia, karena di sini banyak terdapat bambu dan kayu, maka kedua bahan ini adalah bahan baku utama dalam pembuatan gazebo. Mungkin kedua bahan ini tidak dapat bertahan lama, tetapi karena bahan yang digunakan murah dan mudah didapat, maka bahan inilah yang kemudian banyak digunakan.

Summary

Gazebo - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengertian Gazebo dan Nama Lokal untuk Gazebo | Griyamania
Penjelasan Lengkap Soal Arti Gazebo Dan Fungsinya - CALLA!