Apa yang dimaksud dengan gangguan kepribadian pasif agresif ?

Apa saja ciri-ciri dari gangguan kepribadian pasif agresif ?

Salah satu gangguan kepribadian yang mungkin sering ditemukan adalah gangguan kepribadian pasif agresif. Apa yang dimaksud dengan gangguan kepribadian pasif agresif ?

Orang yang memiliki gangguan kepribadian pasif agresif dapat ditandai dengan adanya sikap senang menghalang-halangi ataupun menunda nunda sesuatu, keras kepala, dan tidak efisien. Perilaku yang diperlihatkan tersebut sebenarnya merupakan manifestasi dari agresif sebagai dasar dan kemudian diekspresikan secara pasif.

Penderita gangguan kepribadian pasif agresif memiliki beberapa karakteristik yang cukup terlihat seperti menunda-nunda sesuatu, tidak dapat bekerja secara optimal, cenderung menyalahkan orang lain, tidak bersedia meminta maaf, sering bergantung dengan orang lain namun menolak untuk melepaskan diri dari ketergantungan. Orang yang memiliki gangguan kepribadian ini sama sekali tidak memiliki kepercayaan dalam dirinya sendiri dan sering merasa pesimis dengan masa depan.

Mereka lebih memendam rasa marah dan permusuhannya, serta mengekspresikannya dengan cara yang tidak langsung namun mungkin menyakitkan untuk orang lain. Mereka sama sekali tidak memiliki kesensitifan pada kritik sehingga selalu merasa jika dirinya benar. Jika dilihat dari sudut psikologi kognitif-behavioral, kepribadian pasif agresif sebenarnya berkembang dari kepercayaan jika ekspresi yang terbuka serta kemarahan tersebut adalah berbahaya. Menuntut orang lain tentu harus mengerti apa yang diinginkan tanpa harus memintanya.