© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan gambar ilustrasi?

Ilustrasi berasal dari bahasa Latin “Illustrare”, yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa.

Menurut Martha Thoma (dalam Sofyan, 1994: 171) bahwa definisi ilustrasi dalam hubungannya dengan lukisan berkembang sepanjang alur yang sama dalam sejaha dan dalam banyak hal, keduanya sama. Secara tradisional keduanya mengambil inspirasi dari karya-karya kesusastraan; hanya saja lukisan dibuat untuk menghiasi dinding atau langit-langit, sedangkan ilustrasi dibuat untuk menghiasi naskah, untuk membantu menjelaskan cerita atau mencatat peristiwa.

Ilustrasi


Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk. Tujuan ilustrasi adalah untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi tertulis lainnya. Diharapkan dengan bantuan visual, tulisan tersebut lebih mudah dicerna. Selain itu tujuan ilustrasi juga adalah untuk memperjelas tulisan atau teks seperti pada artikel koran atau media-media lainnya representatif.

Ilustrasi adalah lukisan atau gambar yang memiliki fungsi memperjelas atau memperindah sesuatu, tampil secara visual dalam bentuk individu, baik itu warna ataupun hitam putih, selalu membangkitkan rasa keingintahuan, menyentuh perasaan manusia, mengundang opini dan perdebatan dan terkadang memunculkan aksi atau tindakan. (Robert Ross, Illustration Today).

Jenis-jenis Teknik Ilustrasi


Menurut Agus Nugroho, 3 Desember 2013

  1. Realis yaitu, gambar ilustrasi dibuat dengan bentuk objek yang mirip dengan aslinya atau sampai sesuai kenyataan, baik secara anatomi maupun proporsinya.
  2. Karikatur atau Kartun yaitu, gambar ilustrasi yang bentuk objeknya dilebih-lebihkan atau mengalami perubahan (deformasi).

Perbedaannya terletak pada tujuan pembuatan, yaitu, karikatur bertujuan untuk memberikan kritik atau sindiran halus

  1. Dekoratif yaitu, objek yang digunakan dalam gambar ilustrasi dekoratif sudah mengalami penggayaan (stilasi) perubahan bentuk dengan cara menambah atau mengurangi garisnya tanpa meninggalkan bentuk objek aslinya.
  2. Ekspresionis gambar ilustrasi dengan bentuk ini lebih menkankan pada ekspresi pembuatannya. Biasanya banyak dijumpai pada jenis ilustrasi karya sastra dan lukisan.

Ilustrasi dalam Buku Anak-anak

Ilustrasi pada buku anak-anak memainkan peran yang sangat penting yaitu:

  • Ilustrasi memberikan pemahaman terhadap anak dari peristiwa dan makna yang ada di buku.
  • Ilustrasi visual mampu menarik dan mempertahankan perhatian anak cukup lama sebelum anak membaca teks atau bahkan memahami semua kata dari teks. Warna-warna yang cerah, karakter yang menarik, ekspresi dan pengaturan yang akrab akan menambahkan perhatian.
  • Buku beserta teks dan gambar yang ada di dalamnya, juga ibarat sebuah model bagi anak-anak untuk bagaimana berpikir mengenai apa yang dibacanya agar dapat memahami maknanya.
  • Gambar yang terdapat di dalam buku memungkinkan anak untuk dapat lebih memahami kata-kata yang lebih bisa dipahami melalui ilustrasi.
1 Like