Apa yang dimaksud dengan Free Soil Party saat Perang saudara Amerika ?

Free Soil Party

Free Soil Party adalah partai politik yang berumur pendek di Amerika Serikat yang aktif dalam pemilihan presiden 1848 dan 1852 serta di beberapa pemilihan negara bagian.

Apa yang dimaksud dengan Free Soil Party saat Perang saudara Amerika ?

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Free_Soil_Party

Free Soil Party

Free Soil Party merupakan partai politik kecil namun berpengaruh dalam periode Pra-Perang Saudara dan sejarah Amerika yang menentang perluasan perbudakan ke wilayah barat. Perwakilan partai David Wilmot dari Pennsylvania pada tahun 1846 memperkenalkan larangan perbudakan di tanah barat daya yang baru saja diperoleh dari Meksiko. Konsep Wilmot tersebut sayangnya gagal disetujui oleh kongres Amerika. Slogan sejarah Soil-Soilers menyerukan “tanah bebas, kebebasan berbicara, tenaga kerja bebas, dan orang bebas” menarik para petani kecil, debitor, pedagang desa, pekerja rumah tangga dan pabrik, yang membenci prospek persaingan buruh-hitam - atau budak atau tenaga kerja gratis — di berbagai wilayah Amerika Serikat.

Pada tahun 1848 Free Soil Party mencoba menominasikan Martin Van Buren yaitu seorang mantan presiden Amerika sebagai calon presiden lagi namun sayangnya usaha mereka gagal. Namun memasuki tahun 1852 Free Soil Party memiliki banyak pengaruh dalam usaha partai untuk memperjuangkan hak para budak karena banyak anggotanya menjadi anggota kongres di House of Representatives. Sayangnya pada tahun 1854 partai sudah tidak dapat berdiri sendiri dan diserap oleh Partai Republic yang untungnya ikut terus memperjuangkan aspirasi Free Soil Party.

Sumber :