Apa yang Dimaksud dengan Foreign Direct Investmen (FDI)?

image

Apa yang Dimaksud dengan Foreign Direct Investmen (FDI)?

Sumber investasi asing di Indonesia dapat dilakukan dalam dua bentuk. Bentuk yang pertama adalah penanaman modal asing langsung yang dilakukan oleh pihak swasta ( private foreign direct investment ) dan investasi portofolio, terdiri dari penanaman modal asing “langsung” (PMA) yang biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan raksasa multinasional (atau juga disebut perusahaan trannasional, yakni perusahaan besar dengan kantor pusat yang berada di negara-negara maju asalnya, sedangkan cabang operasi atau anak-anak perusahaannya tersebar di berbagai penjuru dunia); dan investasi asing “portofolio” ( foreign direct portofolio investment), yang dana investasinya tidak diwujudkan langsung sebagai alat-alat produksi, melainkan ditanamkan pada pasar modal dan kredit oleh lembaga swasta (bank, reksadana, perusahaan) atau individu di negara-negara berkembang dalam aneka bentuk instrumen keuangan sperti saham, obligasi, setifikat deposito, surat promes investasi, dan sebagainnya (Todaro, 2003).

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal, penanaman modal asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing, baik yang menggunakan modal asing maupun yang berpatungan dengan penanaman modal dalam negeri.

Sumber Foreign Direct Investmen (FDI)

“Sumber pembiayaan FDI merupakan sumber pembiyaan yang potensial dibandingkan dengan sumber yang lain. Panyotou (1998) menjelaskan bahwa FDI lebih penting dalam menjamin kelangsungan pembangunan dibandingkan dengan aliran bantuan atau modal portofolio, sebab terjadinya FDI disuatu negara akan diikuti dengan transfer of technlogy, know-how management skill , resiko usaha relatif kecil dan profitable ” (Sarwedi, 2002). Faktor-faktor utama yang menentukan tingkat investasi menurut Sukirno (2012) adalah:

  • Tingkat keuntungan yang diramalkan akan diperoleh

  • Suku bunga

  • Ramalan mengenai keadaan ekonomi di masa depan

  • Kemajuan teknologi

  • Tingkat pendapatan nasional dan perubahan-perubahannya

  • Keuntungan yang diperoleh perusahaan-perusahaan