Apa yang dimaksud dengan Filsafat Komunikasi?

Seperti yang kita tahu, komunikasi adalah suatu proses penyampaian ide atau gagasan atau pesan dari pihak satu dan pihak kedua baik secara verbal maupun non verbal, melalui media maupun tidak yang menimbulkan efek berupa perubahan prilaku. Bicara tentang ilmu komunikasi, ternyata setiap ilmu memiliki filsafat. Salah satunya adalah filsafat komunikasi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan filsafat komunikasi?

Filsafat komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah secara mendasar mengenai keilmuan komunikasi dari teori hingga semua hal yang terkait dengannya. Dimana menurut Prof. Onong Uchjana Effendy, filsafat komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah secara fundamental, metodologis, analitis, kritis, dan holistis teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensinya.

Sementara itu, menurut Richard Lanigan, bahwa filsafat sebagai disiplin biasanya dikategorikan menjadi sub-bidang utama menurut jenis justifikasinya yang dapat diakomodasikan oleh jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan penyelidikan sistematis studi terhadap Metafisika, Epistemologi, Aksiologi dan Logika seperti berikut ini:

  • Apa yang aku ketahui ? (What do I know ?);
  • Bagaimana aku mengetahuinya ? (How do I know it ?);
  • Apakah aku yakin ? (Am I sure ?);
  • Apakah aku benar ? (Am I right ?)