Apa yang dimaksud dengan fiber optik dan bagaimana keunggulannya?

Saat ini hampir sebagian besar jaringan internet yang digunakan di rumah-rumah telah menggunakan yang namanya FIBER OPTIK. Nah, sebenarnya fiber optik itu apa ya? mohon bantuannyaa…

image
Apa itu fiber optik ?

Fiber optik adalah sebuah saluran transmisi data, yang terbuat dari helaian serat kaca atau plastik. Serat kaca ini sangat tipis dan halus menyerupai rambut manusia. Kabel fiber optik terdiri dari kumpulan serat-serat kaca yang digabung dalam satu kabel. Setiap serat kaca memiliki diameter sebesar 9 sampai 100 mikrometer, atau kurang dari sepersepuluh diameter rambut manusia. Kabel ini dapat membawa data hanya dengan menggunakan teknologi optik, yang berarti sepenuhnya menggunakan cahaya untuk mengirim dan menerima data.

Kelebihan Fiber Optik

  1. Laju data dan kecepatan operasi fiber optik sangat tinggi mencapai 1000 mbps (mega byte per second) dimana kecepatan ini jauh lebih tinggi dibandingkan kabel jaringan twisted pair atau coaxial.
  2. Kabel fiber optik mampu mengirimkan sinyal lebih jauh dibanding kabel jaringan lainnya, bahkan tanpa penguat jaringan pun, sinyal dapat dikirimkan untuk jarak yang jauh.
  3. Material kabel fiber optik lebih awet dan dapat bertahan dari berbagai kemungkinan – kemungkinan kerusakan akibat kondisi lingkungan seperti panas ataupun kelembaban udara. Sehingga untuk biaya perawatan menjadi lebih sedikit.
  4. Bandwith kabel fiber optik tergolong memiliki kapasitas yang besar yaitu sekitar 1 GB per second. Hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan internet dan telepon untuk memberikan bandwidth yang tinggi dengan kualitas yang sangat baik.
  5. Kabel fiber optik tidak mudah terbakar karena material penyusunnya adalah serat kaca dan bukan merupakan konduktor. Tidak ada bahaya percikan api seperti pada kabel listrik. Percikan api dapat menjadi ancaman yang sangat berbahaya, terutama pada pabrik-pabrik kimia.

https://www.quora.com/What-is-fiber-optics

Menarik untuk dibahas, sekarang ini banyak orang yang mengetahui bahwa penggunaan internet ataupun tv berbayar menggunakan kabel fiber optic dalam penggunaan fitur-fiturnya. Tapi, apa itu sebenarnya kabel fiber optic? Mari kita bahas lebih dalam.

Kabel fiber optic adalah kabel network yang terdiri dari kaca fiber yang diselimuti oleh casing yang terisolasi. Kabel ini didesai untuk jarak jauh, pengiriman data yang cepat dan komunikasinya. Dibandingkan dengan kabel wired, fiber optic dapat memberikan bandwidth yang lebih tinggi dan dapat memberikan data lebih jauh. Fiber optic digunakan biasanya untuk internet diseluruh dunia, telivisi dan telpon. Lalu, apa kelebihan lainnya?

  1. Fiber optic mempunyai kapasitas yang besar. Jumlah bandwidth pada kabel fiber dapat membawa dengan lebih cepat dibanding dengan kabel tembaga dengan ketebalan yang sama. Fiber optic dapat membawa sekitar 10Gbps, 40 Gbps bahkan 100Gbps.
  2. Dengan kecepatan cahaya, fiber optic dapat membawa data kemana saja tanpa kehilangan tenaganya, dan juga tidak terlalu membutuhkan penguat sinyal.
  3. Fiber lebih tidak mudah rentan dengan gangguan. Kabel biasa mungkin dapat dengan mudah terkena gangguan sehingga membutuhkan perlindungan yang lebih untuk menahannya dari gangguan gelombang electromagnetic. Namun, karena fiber terdiri dari kaca, maka dia dapat menghindari dari beberapa isu tersebut.

Umm… fiber optik. Mungkin saja kamu akan sering mengenal istilah ini disaat hendak memasang jaringan internet di rumah. Dari pihak internet provider ada teknologi yang namanya fiber optik yang bisa membuat internet lebih cepat dan streaming tanpa buffering.

Nah, sebenarnya fiber optik itu apa? dan bagaimana keunggulannya?

Fiber optik merupakan suatu saluran transmisi data yang terbuat dari helaian serat kaca atau plastik. Serat kaca ini sangat tipis dan halus menyerupai rambut manusia.

Transmisi data ini menggunakan gelombang cahaya karena data tersebut dapat dimodulasikan atau ditumpangkan pada gelombang cahaya.

Serat-serat kaca yang digabung dalam satu kabel yang setiap serat kaca memiliki diameter sebesar 9 sampai 100 mikrometer. Tampak dari pengertian ini teknologi yang ada pada fiber optik, begitu “wah”, lalu apa saja keunggulannya?

  1. Sepenuhnya menggunakan gelombang cahaya dalam mengirim dan menerima data. Sehingga, kecepatan dalam transfer data lebih dari teknologi sebelumnya.

  2. Bandwith atau “lebar jalan” yang dilewati oleh data besar, kecepatan transmisi dari fiber optik mencapai gigabit per secondnya. hal dikarenakan transmisi data yang digunakan menggunakan gelombang cahaya.

  3. Ukuran kecil dan ringan. Sehingga dalam peletakan infrastruktur bisa diletakkan di dalam tanah atau di sepanjang rel kereta. Sayangnya, dengan ukuran yang kecil tersebut rentan rusak bila ada gangguan fisik.

  4. Tahan terhadap gelombang elektromagnetik dan gelombang radio sehingga dengan ini jaringan yang kita gunakan tidak akan terganggu oleh fruekuensi dari gelombang lain. Nah, ini pulalah yang menjadi salah satu penyebab cepatnya transmisi data dengan fiber optik.

  5. Biaya pemasangan dan pengoperasian rendah.

Walaupun biaya pemasangan dan pengoperasian rendah ada konsekuensi khusus dalam menggunakan fiber optik ini, yakni biaya yang tingi ketika fiber optik mengalami kerusakan.

Nah, itu saja dari saya. Yuk, diskusi lagi di bawah jika ada hal yang ingin diketahui lebih dalam lagi…

informasi lebih mendalam kamu juga bisa mengakses website berikut: