Apa yang dimaksud dengan Feedback Loop Minimum Viable Product?

Dalam materi Minimum Viable Loop, ada yang disebut dengan Feedback Loop. Apa yang kamu ketahui tentang Feedback Loop dalam MVP?

Build-Measure-Learn adalah feedback loop yang dikatakan sebagai salah satu komponen inti dari metodologi Lean Startup. Tujuannya adalah untuk mengubah ketidakpastian, asumsi, dan risiko menjadi pengetahuan atau hal-hal pasti yang pada akhirnya akan memandu organisasi dan bisnis menuju kemajuan. Melalui proses ini, kunci yang tidak diketahui sebenarnya dapat diubah menjadi pengetahuan yang dapat digunakan oleh startup dalam pengembangan produknya - dan operasi bisnis, secara keseluruhan.

  • Build
    Pada fase ini, tujuan startup adalah untuk membangun atau mengembangkan MVP atau produk minimal yang dapat dibangun untuk tujuan menguji sejumlah asumsi, atau hipotesis yang dirumuskan - secepat mungkin. Sebelum bisa melakukan itu, bagaimanapun, startup harus terlebih dahulu mencari tahu apa masalah yang perlu dipecahkan.

  • Measure
    Pada fase kedua ini, startup kemudian harus menentukan apakah kemajuan nyata sedang dibuat atau tidak, dan ini melibatkan pengukuran hasil yang diperoleh dari percobaan yang dilakukan selama fase build.

  • Learn
    Di sinilah startup harus membuat keputusan berdasarkan pengukuran akumulasi: haruskah “bertahan”, atau seharusnya “pivot”? Dalam konteks ini, bertahan berarti melanjutkan dengan tujuan yang sama, sementara pivot memerlukan mengubah atau menggeser sebagian, atau semua, dari aspek strategi produk.

Sumber: https://www.cleverism.com/how-build-measure-learn-cycle-really-works/