Apa yang dimaksud dengan Fast Fashion?

690

Sebuah tuntutan industri fashion yang memberikan dampak pada lingkungan dan juga pekerja buruh industri yang tidak diberi upah layak serta perlindungan kerja yang memadai

Fashion atau mode tercipta karena adanya jiwa seni pada manusia. Majalah fashion terkenal dunia seperti Elle menjelaskan pada awalnya mode pada pakaian manusia datang untuk mencerminkan kelas sosial seseorang sehingga muncul sebuah asumsi dasar yaitu pakaian modis = kalangan berada.

Fast Fashion mulai populer sejak adanya industri mode yang menjual segi seni dan tren pada target pasar yang dimilikinya. Dikutip dari Vice melalui vice.com fast fashion merupakan konsep yang digunakan oleh industri tekstil yang menghadirkan pakaian ready-to-wear dengan konsep pergantian mode yang cepat dalam kurun waktu tertentu.

Contohnya, ketika tren baju long sleeve oleh perusahaan H&M muncul pada musim panas pertengahan tahun 2019 saat masih belum usai musim panas H&M sudah mengeluarkan jenis mode pakaian baru yang lain sehingga menuntut target pasar untuk memperbarui koleksi pakaian yang dimiliki.

Hubungan Fast Fashion dengan dampak lingkungan

Fast fashion sering dihubungkan dengan adanya dampak buruk bagi lingkungan, hal ini dikarenakan kebutuhan produksi hingga eksploitasi pada bahan dasar di alam. Isu tersebut memang benar adanya, dan sebagai antitesis maka terdapat sustainable fashion

medium
Sumber: medium.com