Apa yang dimaksud dengan fashion fotografi?


Fotografi mode adalah genre fotografi yang dikhususkan untuk menampilkan pakaian dan barang mode lainnya. Fotografi mode paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah mode seperti Vogue, Vanity Fair, atau Elle.

Apa yang dimaksud dengan fashion fotografi ?

2 Likes

Bermula di tahun 1989 sebagai awal meniti karir di dunia fotografi Indonesia, tidaklah pernah terlintas bahwa saya akan menetapkan spesialisasi foto-foto saya di bidang fashion, beauty-shot, food dan interior , karena pada intinya buat saya adalah mengeksplorasi “keindahan cahaya” yang terjadi dalam proses foto itu sendiri.Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan secara ringkas dan jelas filosofi tentang fotografi fashion & beauty-shot , sejauh yang saya pahami dan alami dalam melakukan pemotretannya.

Fotografi fashion adalah aliran fotografi yang berkonsentrasi pada memotret dan menampilkan berbagai mode pakaian dan barang-barang fashion lainnya, yang terkait dengan gaya-hidup/ life-style yang sedang berjalan pada masa tersebut, untuk diterbitkan di majalah fashion , industri periklanan, atau beredar di kalangan desainer.Seiring berjalannya waktu, fotografi fashion telah mengembangkan sentuhan komersial dan estetika di mana tampilan mode/ life-style /gaya hidup, diperkuat dengan aksesoris dan daerah eksotis dengan pencahayaan yang beragam, dari dramatis, lembut, kontras, bahkan gabungan dari beberapa efek cahaya.

Dalam fotografi fashion , seorang fotografer bertugas untuk menghasilkan atau menampilkan konsep foto dari produk fashion yang akan dijual ke dalam bentuk visual. Jangan sampai terlupakan adalah tampilan gaya-hidup/ life-style pada masa yang ingin ditampilkan, harus terlihat dengan jelas pada fotografi fashion tersebut.


Beauty-shot adalah sebuah istilah dalam dunia fotografi yang berarti segala sesuatu yang dihasilkan dalam fotografi selayaknya tampak cantik, menarik, dan mengeluarkan aura dari foto tersebut. Maka tugas utama dari seorang fotografer bukan lagi tentang teknik pencahayaan, tapi kemampuan untuk mempelajari dan mendalami, karakter serta anatomi wajah dari model yang akan difoto.

Selain anatomi wajah+tubuh, tugas lain yang tidak kalah penting bagi fotografer adalah mampu memberikan arahan dan membangkitkan rasa percaya diri model. Tujuannya agar fotografer dapat memotret model dengan maksimal dari sudut yang baik dan benar. Selain ekspresi wajah model yang menjadi perhatian, maka ekspresi gerak/olah-badan model juga merupakan hal yang harus mendapat perhatian penting, sehingga antara ekspresi wajah dan olah-badan model menjadi satu kesatuan yang menimbulkan aura dari foto yang dibuat tersebut. Untuk mencapai hal tersebut maka dibutuhkan komunikasi yang baik antara fotografer dan model.

Ringkasan

http://www.rkusumabrata.com/post/fotografi-fashion--beauty-shot

Fotografi fashion menurut Kamus Fotografi , merupakan cabang fotografi professional yang mengkhususkan diri pada foto di bidang busana dan perlengkapannya. Seorang fotografer fashion harus mampu memadukan busana dengan modelnya menjadi suatu gambar (foto yang harmonis). Bidang fotografi ini makin marak seiring dengan perkembangan media cetak yang semakin maju.

Fotografi fashion adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Pada umumnya fotografi fashion akan berfokus pada pakaian atau aksesoris yang dikenakan model, para fotografer juga cenderung menggunakan pencahayaan yang dramatis. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan untuk editorial, iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Bazaar, Dewi Magazine, Laiqa Magazine, Majalah Noor, dll. Pengertian fashion

Secara etimologis fashion berasal dari Bahasa Latin, factio , yang berarti “melakukan”. Arti sesungguhnya dari kata “fashion” adalah sesuatu yang mengacu pada hal-hal yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang. Mode pakaian tak bisa dipisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia, menekankan bahwa fashion bisa diibaratkan sebagai “kulit sosial” yang mencerminkan gaya hidup suatu komunitas dan mengekspresikan identitas tertentu yang merupakan bagian dari kehidupan sosial. Sehingga fashion yang dipilih seseorang bisa menunjukkan bagaimana seseorang tersebut memilih gaya hidup. Seseorang yang sangat fashionable, secara tidak langsung mengkonstruksi dirinya dengan gaya hidup modern, karena selalu mengikuti tren. Hal ini menunjukkan bahwa fashion bisa membantu menentukan sikap dan nilai-nilai serta menunjukkan status sosial.

Referensi

http://repository.unpas.ac.id/28045/4/BAB%20II%20TA.pdf

Fotografi fashion adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan fashion item. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan untuk iklan atau fashion majalah seperti Vogue , Vanity Fair , atau Allure . Seiring waktu, fotografi fashion telah berkembang dari estetika di mana pakaian dan mode lebih ditingkatkan dengan adanya lokasi eksotik atau aksesori dalam pemotretan (Robinson 136). Fotografi fashion pertama kali dibuat dalam penampilan dari majalah Perancis seperti La moda practique dan Les mode. Pada 1909 Condé Nast mengambil ahli majalah Vogue dan juga berkontribusi untuk awal dari fotografi fashion. Vogue diikuti oleh pesaingnya, Harper’s Bazzar, dan kedua perusahaan tersebut adalah pemimpin dibidang fotografi fashion (Robinson 137). Pada awalnya fotografer fashion hanya fokus pada mengambil gambar yang membuat pakaian dan model terlihat indah, tetapi berubah dengan melihat akan fotografi fashion sebagai jalan keluar yang hebat untuk mengekspresikan sudut pandang artistik (Tarantino 4). Sedangkan jika melihat dari beberapa nama yang sudah berkarya dalam bidang ini seperti Nicoline Patricia, Advan Matthew, Hilarius Jason, dan Michael Cools.

Referensi

Lambey, N S et al… 2014. Perancangan Fotografi Fashion Underwater Bertema Biota Laut. Jurnal DKV Adiwarna Nova. Vol 1, No 4 : 1-12.