Apa yang dimaksud dengan expert judgement dalam perform qualitative risk analysis?

Dalam perform qualitative risk analysis terdapat berbagai tools yang dapat digunakan. Lalu apa yang dimaksud dengan tools expert judgement?

Expert Judgement digunakan secara luas untuk menilai input dan proses yang digunakan untuk mengembangkan project charter. Expert Judgement cukup sering direkomendasikan sebagai salah satu alat dan teknik terbaik dalam proses manajemen proyek. Para ahli (Expert) diperlakukan sebagai aset dalam organisasi dan mereka diminta memberikan masukan untuk perencanaan dan memperkirakan setiap kegiatan karena pendapat mereka dianggap penting. Para ahli (Expert) bisa dari stakeholder atau customer. Expert Judgement adalah salah satu pendekatan yang paling baik yang bisa diterima dan paling berguna juga selama fase perencanaan dari berbagai kegiatan.

Peran ahli (Expert) sangat diperlukan selama proses perencanaan dan identifikasi risiko. Perencanaan dan identifikasi risiko sangat penting untuk keberhasilan proyek. Khususnya proyek besar dan kompleks, manajer proyek selalu mencari ahli (expert) atau spesialis dari luar untuk membuat keputusan yang tidak bias dan akurat.

Referensi :