Apa yang dimaksud dengan etnomusikologi?

Apa yang dimaksud dengan etnomusikologi ?

Pada awalnya etnomusikologi memiliki pengertian sebagai gabungan dari dua bidang ilmu yang telah mapan yaitu antropologi dan musikologi. Di sudut lainnya etnomusikologi disebut juga sebagai ilmu musikologi komparatif. Situasi ini ternyata menggugah kesadaran para peneliti terutama bidang ilmu antropologi. Etnomusikologi memiliki dua sisi pendekatan yaitu secara antropologis dan musikologis.

Apa yang dimaksud dengan etnomusikologi ?

3 Likes

Nettl (1956) menuliskan etnomusikologi sebagai berikut:

“Ethnomusicology as the science that deals with the music of peoples outside of Western civilization”

Semula etnomusikologi disebut Comparative Musikology, karena mempelajari musik dari masyarakat di luar kebudayaannya sendiri (Eropa), sehingga musik di luar Eropa tersebut dapat dijadikan sebagai perbandingan. Dalam kenyataannya sering basil kajiannya tidak selalu memperbandingkan antara budaya musik Barat dengan budaya musik di luar Barat. Untuk itu maka Jaap Kunst (1959) memunculkan istilah ethnomusicology yang dipakai hingga sekarang.

Sedangkan Allan P.Merriam (1960) mendefinisikan: "…ethno-rnusikologi as the study of music in culture".

Dari berbagai definisi etnomusikologi yang telah diuraikan tersebut dapat disimpulkan bahwa etnomusikologi adalah lahan kajian studi tentang musik milik kebudayan suku (etnis) tertentu baik dari aspek phisik atau materi musiknya itu sendiri maupun konteks budaya masyarakat yang merniliki musik tersebut.

Dari definisi-definisi yang telah dikemukakan tampak bahwa kajian studi etnomusikologi mempelaiari aspek phisik musik dan konteks sosial budaya masyarakat tertentu (etnis, suku) yang memiliki musik itu. Dari titik tolak ini rlial:a ada dua permasalahan kajian utama dalam etnomusikologi yaitu: pertama tentang kajian musik dilihat dari aspek phisik, body musiknya sebagaimana yang didefinisikan Mantle Hood, yaitu lahan penelitian dari aspek phisik musik etnis itu sendiri dan yang kedua adalah aspek sosial budaya, yaitu studi musik dalam kebudayaan.

  1. Aspek Phisik Musik
    Aspek phisik musik yang dimaksudkan adalah mempelajari, mendalilli, mengkaji serta meneliti dari sisi materi musiknya itu sendiri. Dari mulai mempelajari hal-ikhwal tentang instrumen musiknya, suara-suara musik yang dihasilkan, unsur-unsur musiknya hingga pada komposisinya.

    Dari sisi aspek musik itu sendiri, kita dapat mengkaji tentang hal-hal yang merupakan sifat-sifat dasar dan proses-proses terjadinya musik secara teknik. Dalam hal ini kita dapat mengkaji dan mendeskripsikan tentang ciriciri yang mendasari musik yang sedang dikaji yang dapat meliputi: nada, wilayah melodi, Qaris melodi (contour), interval, ornamentasi, tempo, rythm, tangga nada dan koleksi model nyanyian. Kita juga dapat mengkaji tentang instrumen musik yang digunakan, cara mengklasifikasikan instrumen musik menjadi klasifikasi ideofon, membranofon, aerophon, chordofon, teknik pembuatan instrument musik, teknik permainan, komposisi atau analisa tentang struktur (structure) musik: serta gayanya (style).

  2. Kontek Sosial Budaya
    Musik itu sendiri tidak dapat dilepaskan dari masyarakat pencintanya, masyarakat yang berhubungan dengan musik tersebut, demikian juga proses terjadinya kehidupan bermusik tidak lepas dari lingkungan masyarakatnya. Mereka menciptakan musiknya sendiri yang dapat merupakan bahasa untuk mengekspresikan keinginan-keinginan, pengungkapan kondisi sosial dalam masyarakatnya atau musik sebagai sarana ungkapan ritual mereka. Pada butir ini maka kita akan melihat musik dalarn konteks tingkah laku manusia.

Etnomusikologi di Indonesia seperti yang dikatakan oleh Suka Hardjana adalah ilmu yang masih termasuk baru di Indonesia (Kompas,27 Januari 1991). Sebagai hal baru maknanya masih kabur, apa yang menjadi pusat kajiannya serta tujuan dan sasaran obyek ilmu tersebut masih dalam proses pemantapan (Parto, 1996).

Referensi

Pradoko, AMS. 2007. Diktat Perkuliahan Etnomusikologi. Jurusan Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasan dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Etnomusikologi adalah studi tentang musik dalam konteks sosial dan budayanya. Ahli etnomusikologi memeriksa musik sebagai proses sosial untuk memahami tidak hanya apa itu musik tetapi juga apa artinya bagi para praktisi dan masyarakat umum.

Etnomusikologi sangat interdisiplin. Individu yang bekerja di lapangan dapat memiliki pelatihan dalam musik, antropologi budaya, cerita rakyat, studi kinerja, tari, studi area, studi budaya, studi gender, studi ras atau etnis, atau bidang lain dalam humaniora dan ilmu sosial. Namun semua etnomusikolog berbagi landasan yang koheren dalam pendekatan dan metode berikut ini :

  1. Menggunakan perspektif global tentang musik (mencakup semua wilayah geografis dan jenis musik).

  2. Memahami musik sebagai praktik sosial (melihat musik sebagai aktivitas manusia yang terkait dengan konteks sosial dan budayanya).

  3. Terlibat dalam bidang etnografi (mengamati dan berpartisipasi dalam pembuatan musik dan kegiatan yang terkait) dan dalam penelitian sejarah.

Ahli etnomusikologi bekerja di berbagai bidang. Sebagai peneliti, mereka mempelajari musik dari bagian manapun di dunia dan menyelidiki hubungannya dengan beragam elemen kehidupan sosial dan budaya. Sebagai pendidik, mereka mengajarkan kursus musik dunia, musik populer, studi budaya musik, dan berbagai kelas yang lebih khusus (misalnya, Tradisi musik suci, musik dan politik, teori dan metode).

Ahli etnomusikologi juga aktif dalam pekerjaan publik dan terapan. Bermitra dengan komunitas musik yang mereka pelajari, etnomusikolog dapat mendokumentasikan dan mempromosikan tradisi musik atau berpartisipasi dalam proyek yang melibatkan kebijakan budaya, pendidikan, resolusi konflik, kesehatan, kelestarian lingkungan, pemrograman seni, atau advokasi atas nama musisi. Etnomusikolog sering bekerja dengan museum, arsip, organisasi penyajian seni, sekolah dasar dan menengah, perusahaan media, dan lembaga lain yang mempromosikan apresiasi dan pemahaman musik-musik dunia.

Referensi

About Ethnomusicology. About Ethnomusicology - Society for Ethnomusicology. Diakses pada 2 Juni 2020.

Etnomusikologi adalah studi tentang musik dari aspek budaya dan sosial dari orang-orang yang membuatnya. Etnomusikologi mencakup pendekatan teoretis dan metodis yang berbeda yang menekankan dimensi budaya, sosial, materi, kognitif, biologis, dan lainnya atau konteks perilaku musik, bukan hanya komponen suara yang terisolasi.

Antonio Eximeno (1729-1809) dianggap sebagai pendiri teori lapangan. Cerita rakyat, yang mulai melestarikan dan mempelajari musik cerita rakyat di Eropa dan AS pada abad ke-19, juga dianggap sebagai pelopor dari bidang sebelum Perang Dunia Kedua. Istilah etnomusikologi dikatakan pertama kali diciptakan oleh Jaap Kunst dari kata-kata Yunani ἔθνος (ethnos, “nation”) dan μουσική (mousike, “music”), Sering didefinisikan sebagai antropologi atau etnografi musik, atau sebagai musikal antropologi. Selama perkembangan awal dari musikologi komparatif pada 1950-an, etnomusikologi terutama berorientasi pada musik non-Barat, tetapi selama beberapa dekade itu telah mencakup studi tentang semua dan semua musik di dunia (termasuk musik seni Barat dan musik populer) dari antropologis, perspektif sosiologis dan antarbudaya. Bruno Nettl pernah mencirikan etnomusikologi sebagai produk pemikiran Barat, menyatakan bahwa “etnomusikologi sebagai budaya Barat tahu itu sebenarnya adalah fenomena barat”; pada tahun 1992, Jeff Todd Titon menggambarkannya sebagai studi tentang “orang yang membuat musik”.

Dinyatakan secara luas, etnomusikologi dapat digambarkan sebagai penyelidikan musik yang holistik dalam konteks budayanya. Menggabungkan aspek-aspek cerita rakyat, psikologi, antropologi budaya, linguistik, musikologi komparatif, teori musik, dan sejarah, etnomusikologi telah mengadopsi perspektif dari banyak disiplin ilmu. Variasi disiplin ini telah memunculkan banyak definisi lapangan, dan sikap serta fokus para etnomusikolog telah berevolusi sejak studi awal di bidang musikologi komparatif pada awal 1900-an. Ketika bidang pertama kali muncul, itu sebagian besar terbatas pada studi musik non-Barat — berbeda dengan studi tentang musik seni Barat, yang telah menjadi fokus musikologi konvensional. Faktanya, bidang ini pada awal keberadaannya disebut sebagai “musikologi komparatif,” yang mendefinisikan tradisi musik Barat sebagai standar yang dibandingkan dengan semua musik lainnya, meskipun istilah ini tidak digunakan pada tahun 1950-an sebagai kritik atas praktik yang terkait dengan itu menjadi lebih vokal tentang perbedaan etnomusikologi dari musikologi. Seiring waktu, definisi diperluas untuk mencakup studi semua musik dunia sesuai dengan pendekatan tertentu.

Meskipun tidak ada definisi otoritatif tunggal untuk etnomusikologi, sejumlah konstanta muncul dalam definisi yang digunakan oleh para sarjana terkemuka di lapangan. Disetujui bahwa etnomusikolog melihat musik dari luar perspektif sonik dan historis, dan sebaliknya melihat musik dalam budaya, musik sebagai budaya, dan musik sebagai cerminan budaya. Selain itu, banyak studi etnomusikologis berbagi pendekatan metodologis umum yang dikemas dalam kerja lapangan etnografi, sering melakukan kerja lapangan utama di antara mereka yang membuat musik, belajar bahasa dan musik itu sendiri, dan mengambil peran pengamat partisipan dalam belajar tampil dalam tradisi musik. , sebuah Mantle Hood praktik yang disebut “bi-musikalitas”. Pekerja lapangan musik juga sering mengumpulkan rekaman dan informasi kontekstual tentang musik yang menarik. Dengan demikian, studi etnomusikologis tidak bergantung pada sumber cetak atau naskah sebagai sumber utama otoritas epistemik.

Sejarah

Etnomusikologi dikembangkan sebagai studi tentang semua musik sebagai fenomena sosial dan budaya manusia. Oskar Kolberg dianggap sebagai salah satu etnomusikolog Eropa paling awal ketika ia mulai mengumpulkan lagu-lagu rakyat Polandia pada tahun 1839 (Nettl 2010, 33). Musikologi komparatif, pendahulu utama etnomusikologi, muncul pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. International Musical Society di Berlin pada tahun 1899 bertindak sebagai salah satu pusat etnomusikologi pertama. Musikologi komparatif dan etnomusikologi awal cenderung berfokus pada musik non-Barat, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, bidang ini telah diperluas untuk merangkul studi ini. musik Barat dari sudut pandang etnografi.

International Council for Traditional Music (didirikan 1947) dan Society for Ethnomusicology (didirikan 1955) adalah organisasi akademik internasional utama untuk memajukan disiplin etnomusikologi.

Ahli etnomusikologi telah menawarkan berbagai definisi bidang. Lebih khusus, para sarjana memperdebatkan apa yang dimaksud dengan etnomusikologi. Bruno Nettl membedakan antara disiplin dan bidang, percaya etnomusikologi adalah yang terakhir. Ada beberapa pendekatan dan tantangan di lapangan. Beberapa pendekatan merujuk “bidang musik” seperti “sintesis musik di Ghana” sementara yang lain menekankan studi budaya melalui jalan musik, untuk mempelajari musik sebagai perilaku sosial. Pendekatan yang beragam dan dinamis untuk etnomusikologi menyinggung bagaimana bidang telah berevolusi. Elemen utama yang membedakan etnomusikologi dari musikologi adalah harapan bahwa etnomusikolog terlibat dalam kerja lapangan diachronic yang berkelanjutan sebagai sumber data utama mereka.

Ada banyak individu dan kelompok yang dapat dihubungkan dengan etnomusikologi. Menurut Merriam, beberapa kelompok ini adalah pemain musik etnis, pendidik musik, mereka yang melihat musik etnis dalam konteks pandangan musik global, vis a vis, khususnya, studi klasik Barat. musik, terdiri dari orang-orang dengan beragam minat, yang semuanya dalam beberapa hal “diterapkan” seperti ahli etnomusikologi profesional, ahli terapi musik, ahli musik, dan antropolog.

Referensi
  1. Seeger, Anthony. 1983. Why Suyá Sing. London: Oxford University Press. Pp. xiii-xvii.
  2. Nettl, Bruno (1983). The Study of Ethnomusicology. Urbana, Ill.: University of Illinois Press. p. 25.
  3. Titon, Jeff Todd (1992). Worlds of Music (2nd ed.). New York: Schirmer. pp. xxi.
  4. See Hood, Mantle (1969). “Ethnomusicology”. In Willi Apel (ed.). Harvard Dictionary of Music (2nd ed.). Cambridge, Mass.: Harvard University Press.
  5. McCollum, Jonathan and Hebert, David, Eds., (2014). Theory and Method in Historical Ethnomusicology Lanham, MD: Rowman&Littlefield.
  6. Pegg, Carole; et al. (2001). “Ethnomusicology”. In Sadie, Stanley (ed.). New Grove Dictionary of Music and Musicians (2nd ed.). London: Macmillan. pp. 8:367–403.
  7. Nettl, Bruno. “The Harmless Drudge: Defining Ethnomusicology.” The Study of Ethnomusicology: Thirty-one Issues and Concepts. Urbana: University of Illinois, 2005. 3-15. Print.
  8. Myers, Helen. 1992. “Ethnomusicology.” In Ethnomusicology: An Introduction, ed. Helen Myers, 3-18. New York: Norton.
  9. Merriam, Alan. 1960. “Ethnomusicology: A Discussion and Definition of the Field.” Ethnomusicology 4(3): 107-114.
  10. Hood, Mantle (1960). “The Challenge of Bi-musicality”. Ethnomusicology. 4. pp. 55–59.
  11. Nettl, Bruno. 1975. “The State of Research in Ethnomusicology, and Recent Developments.” Current Musicology 20: 67-78.
  12. McAllester, David et. al. 1959. “Whither Ethnomusicology?” Ethnomusicology 3(2): 99-105.
  13. Merriam, Alan P. 1975. “Ethnomusicology Today.” Current Musicology 20: 50-66.

Kesenian adalah ekspresi dan sebuah unsur dari tujuh unsur kebudayaan. Kesenian dapat berwujud dalam bentuk ide, kegiatan, maupun bend-benda.

Contohnya dalam budaya musik Toba terdapat ide marsiulak hosa yang dilakukan dalam aktivitas hembusan dengan pernafasan yang sirkular ( circular breathing ) dalam memainkan alat musik sarune ( shwam )— sarune itu sendiri adalah benda seni budaya. Kesenian mencerminkan sejauh mana tingkat peradaban manusia pendukungnya. Kesenian tumbuh dan berkembang dalam sebuah masyarakat tertentu karena mereka memerlukan pemuasan akan rasa keindahan atau estetika.

Kesenian dapat diekspresikan melalui bunyi yang disebut dengan nada dan ritme; titik, garis, warna; dialog, prolog, epilog, lakon, adegan; gerak-gerik, mimik muka, dan lain-lainnya. Kesenian dapat digunakan dan difungsikan dalam berbagai aktivitas kehidupan masyarakat.

Di antara ilmu-ilmu seni adalah etnologi tari (disebut juga dengan etnokoreologi dan antropologi tari), antropologi teater, ilmu seni rupa, kajian seni pertunjukan ( performing art study ), kajian seni rupa ( visual art study ), musikologi, etnomusikologi , dan lain-lain. Munculnya disiplin-disiplin seni ini, selaras dengan perkembangan ilmu dan perkembangan kebudayaan manusia di dunia.

Seiring dengan perkembangan peradaban dan keilmuan dunia, maka etnomusikologi muncul secara alamiah, untuk perkembangan ilmu dan pencerahan pemikiran. Di Dunia Barat (Oksidental) ilmu ini muncul di universitas-universitas seperti Wesleyan University, University California of Berkeley, University California at Los Angeles, University of Hawaii, Brown University, Alberta University, Jaap Kunst University, Durham University, dan masih banyak lagi yang lainnya. Di Dunia Timur etnomusikologi didirikan di beberapa negara, di antaranya adalah National University Philippine, Universiti Sains Malaysia, dan Universiti Malaya. Di Ausralia didirikan di Monash University.

Etnomusikologi dalam Konteks Keilmuan

Sebagai sebuah disiplin ilmu, etnomusikologi dengan terangterangan dinobatkan sebagai dua kelompok disiplin, yaitu ilmu humaniora dan ilmu sosial sekali gus . Selain itu pula, sangat dirasakan perlunya memanfaatkan ilmu eksakta di bidang disiplin ini, terutama yang berkaitan dengan organologi, akustik, dan artefak. Etnomusikologi, pada waktu ini, memberikan kontribusi keunikannya dalam hubungannya bersama aspek-aspek ilmu pengetahuan sosial dan aspek-aspek ilmu humaniora, dalam caranya untuk melengkapi satu dengan lainnya, mengisi penuh kedua pengetahuan itu. Keduanya akan dianggap sebagai hasil akhir darinya sendiri; keduanya dipertemukan menjadi pengetahuan yang lebih luas.

Etnomusikologi biasanya secara tentatif paling tidak menjangkau lapangan-lapangan studi lain sebagai suatu sumber stimulasi baik terhadap etnomusikologi itu sendiri maupun disiplin saudaranya, dan ada beberapa cara yang dapat dijadikan nilai pemecahan terhadap masalahmasalah ini. Studi teknis dapat memberitahukan kita banyak tentang sejarah kebudayaan. Fungsi dan penggunaan musik adalah sebagai suatu yang penting dari berbagai aspek lainnya pada kebudayaan, untuk mengetahui kerja suatu masyarakat. Musik mempunyai interelasi dengan berbagai tumpuan budaya; ia dapat membentuk, menguatkan, saluran sosial, politik, ekonomi, linguistik, religi, dan beberapa jenis tata tingkah laku lainnya.

Teks nyanyian melahirkan beberapa pemikiran tentang suatu masyarakat, dan musik secara luas dipergunakan sebagaimana analisis makna terhadap prinsip struktur sosial. Etnomusikolog seharusnya tak dapat menghindarkan diri terhadap dirinya sendiri dengan masalah-masalah simbolisme di dalam musik, pertanyaan tentang hubungan antara berbagai seni, dan semua kesulitan pengetahuan apa itu estetika dan bagaimana strukturnya. Ringkasnya, masalah-masalah etnomusikologi bukan hanya terbatas kepada teknik semata–tetapi juga tentang tata tingkah laku manusia. Etnomusikologi juga tidak sebagai sebuah disiplin yang terisolasi, yang memusatkan perhatiannya kepada masalah-masalah esoteris saja, yang tak dapat diketahui oleh orang selain yang melakukan studi etnomusikologi itu sendiri. Tentu saja, etnomusikologi berusaha mengkombinasikan dua jenis studi, untuk mendukung hasil riset, untuk memecahkan masalah-masalah spektrum yang luas, yang mencakup baik ilmu humaniora ataupun sosial.

Pada awalnya etnomusikologi memiliki pengertian sebagai gabungan dari dua bidang ilmu yang telah mapan yaitu antropologi dan musikologi. Di sudut lainnya etnomusikologi disebut juga sebagai ilmu musikologi komparatif. Situasi ini ternyata menggugah kesadaran para peneliti terutama bidang ilmu antropologi. Kemudian muncul persepsi baru bahwa etnomusikologi adalah bagian dari ilmu etnografi. Oleh karena belum adanya kesepakatan tentang definisi etnomusikologi, maka beberapa peneliti melakukan penelitian guna mencari rumusan tentang etnomusikologi.

Etnomusikologi memiliki dua sisi pendekatan yaitu secara antropologis dan musikologis. Di bawah bendera etnomusikologi berbagai macam studi mengelompok bersama, diantaranya ada yang bersifat historis, teknis dan struktural, deskriptif, analitis. Beberapa disiplin lain yang berpengaruh dalam etnomusikologi diantaranya sejarah, psikologi, fisika, fisiologi, sosiologi, dan filsafat.

Antropologi sosial dan budaya memiliki pengaruh besar meskipun cabang antropologi yang lain juga memiliki andil cukup besar. Musik dibidang antropologi dipandang sebagai aktivitas budaya. Kegiatan yang dilakukan oleh musikolog dan antropolog maupun ilmu pengetahuan lain, pada hakekatnya sama yakni analisis, sintesis dan reduksi hal-hal yang praktis. Analisis meliputi pengumpulan, pemberian nama, pengamatan dan melaporkan pengamatan secara rinci.

Sintesis terjadi apabila mencari hubungan di antara data dan teori-teori atau ketika kecenderungan, hipotesis, teori-teori, hukum-hukum dirumuskan. Sedangkan reduksi adalah ke arah praktis, yaitu suatu kegiatan yang mengubah pernyataan umum atau teoritis ke pengertian khusus atau praktis, serta digunakan dalam peristiwa tertentu. Ketiga kegiatan dilakukan baik oleh musikolog maupun antropolog dengan perbedaan penekanan.

Dalam hal ini analisis sebenarnya merupakan hal pokok bagi antropolog dan musikolog, sedangkan sintesis lebih banyak dilakukan oleh antropolog, dan musikolog lebih banyak melakukan reduksi ke arah praktis. Namun sekarang ini perbedaan kegiatan tersebut sudah mulai kabur dan tidak lagi menjadi suatu permasalahan berarti. Jenis musik yang dipelajari menjadi bahan perbedaan pokok antara musikolog-etnomusikologi dan antropolog-etnomusikologi.

Musikolog dalam etnomusikologi memiliki minat kuat terhadap seni musik oriental dan pada umumnya disebut seni musik dari budaya tinggi seperti Arab, India dan Indonesia, sedangkan antropolog-etnomusikologi, memusatkan perhatiannya kepada musik dari masyarakat non-literasi, seperti suku Indian Amerika, Afrika dan bangsa-bangsa Oceania. Alan P. Meriam membuat syarat khusus tentang tugas etnomusikolog yaitu mengamati, mencari data, menyiapkan perangkat analisis, membuat analisis tentang musik sasarannya, melakukan penelitian dan pencarian pengetahuan dan teori tentang musik tersebut.

Etnomusikolog harus berada di lapangan dan bekerja dengan para narasumber, melihat pertunjukan musik, bila perlu ikut memainkan musik tersebut, menanyakan isu-isu yang relevan dengan penelitiannya, serta berpartisipasi dengan kegiatan yang ada dalam masyarakatnya. Jelas ini sebenarnya wilayah kerja dari antropologi.

Kajian etnomusikologi meliputi seniman, masyarakat, transmisi, organologi, kekayaan musik sendiri serta fungsi dan makna musik bagi masyarakat pemiliknya. Keenam kajian ini lebih menggunakan ilmu antropologi sebagai pembahas utama dan musikologi sebagai ilmu pendukung dalam menganalisis musiknya. Untuk seniman dan masyarakat dengan fokus obyek penelitian adalah manusia maka kajian antropologi yang akan menyumbang banyak metode serta hasil.

Maka pengertian dahulu tentang etnomusikologi yang hanya mengkaji musik-musik tradisional yang cenderung primitif tanpa bukti tertulis sudah tidak berlaku lagi. Secara khusus seniman mengkomunikasikan rasa, sedangkan ilmuwan mengkomunikasikan pengetahuan. Maka tugas utama ilmuwan adalah mengkomunikasikan pengetahuan. Tugas musikolog adalah mengkomunikasikan jenis pengetahuan tentang musik seperti apa adanya yang oleh seniman dikomunikasikan dengan rasa.

Antropolog tidak mempunyai tugas seperti seniman. Antropolog mengkomunikasikan pengetahuan tentang musik dengan pandangan yang diyakininya benar dan untuk para pembaca yang relevan. Maka hal yang terutama adalah mengenai obyek studinya bukan metodenya, karena para sarjana kedua bidang tersebut dapat menggunakan metodologi apapun asal sesuai dengan tugasnya, dan etnomusikolog adalah yang mengkombinasikan diantara kedua ilmu tersebut yaitu antropologi dan musikologi.