Etnomusikologi adalah studi tentang musik dari aspek budaya dan sosial dari orang-orang yang membuatnya. Etnomusikologi mencakup pendekatan teoretis dan metodis yang berbeda yang menekankan dimensi budaya, sosial, materi, kognitif, biologis, dan lainnya atau konteks perilaku musik, bukan hanya komponen suara yang terisolasi.
Antonio Eximeno (1729-1809) dianggap sebagai pendiri teori lapangan. Cerita rakyat, yang mulai melestarikan dan mempelajari musik cerita rakyat di Eropa dan AS pada abad ke-19, juga dianggap sebagai pelopor dari bidang sebelum Perang Dunia Kedua. Istilah etnomusikologi dikatakan pertama kali diciptakan oleh Jaap Kunst dari kata-kata Yunani ἔθνος (ethnos, “nation”) dan μουσική (mousike, “music”), Sering didefinisikan sebagai antropologi atau etnografi musik, atau sebagai musikal antropologi. Selama perkembangan awal dari musikologi komparatif pada 1950-an, etnomusikologi terutama berorientasi pada musik non-Barat, tetapi selama beberapa dekade itu telah mencakup studi tentang semua dan semua musik di dunia (termasuk musik seni Barat dan musik populer) dari antropologis, perspektif sosiologis dan antarbudaya. Bruno Nettl pernah mencirikan etnomusikologi sebagai produk pemikiran Barat, menyatakan bahwa “etnomusikologi sebagai budaya Barat tahu itu sebenarnya adalah fenomena barat”; pada tahun 1992, Jeff Todd Titon menggambarkannya sebagai studi tentang “orang yang membuat musik”.
Dinyatakan secara luas, etnomusikologi dapat digambarkan sebagai penyelidikan musik yang holistik dalam konteks budayanya. Menggabungkan aspek-aspek cerita rakyat, psikologi, antropologi budaya, linguistik, musikologi komparatif, teori musik, dan sejarah, etnomusikologi telah mengadopsi perspektif dari banyak disiplin ilmu. Variasi disiplin ini telah memunculkan banyak definisi lapangan, dan sikap serta fokus para etnomusikolog telah berevolusi sejak studi awal di bidang musikologi komparatif pada awal 1900-an. Ketika bidang pertama kali muncul, itu sebagian besar terbatas pada studi musik non-Barat — berbeda dengan studi tentang musik seni Barat, yang telah menjadi fokus musikologi konvensional. Faktanya, bidang ini pada awal keberadaannya disebut sebagai “musikologi komparatif,” yang mendefinisikan tradisi musik Barat sebagai standar yang dibandingkan dengan semua musik lainnya, meskipun istilah ini tidak digunakan pada tahun 1950-an sebagai kritik atas praktik yang terkait dengan itu menjadi lebih vokal tentang perbedaan etnomusikologi dari musikologi. Seiring waktu, definisi diperluas untuk mencakup studi semua musik dunia sesuai dengan pendekatan tertentu.
Meskipun tidak ada definisi otoritatif tunggal untuk etnomusikologi, sejumlah konstanta muncul dalam definisi yang digunakan oleh para sarjana terkemuka di lapangan. Disetujui bahwa etnomusikolog melihat musik dari luar perspektif sonik dan historis, dan sebaliknya melihat musik dalam budaya, musik sebagai budaya, dan musik sebagai cerminan budaya. Selain itu, banyak studi etnomusikologis berbagi pendekatan metodologis umum yang dikemas dalam kerja lapangan etnografi, sering melakukan kerja lapangan utama di antara mereka yang membuat musik, belajar bahasa dan musik itu sendiri, dan mengambil peran pengamat partisipan dalam belajar tampil dalam tradisi musik. , sebuah Mantle Hood praktik yang disebut “bi-musikalitas”. Pekerja lapangan musik juga sering mengumpulkan rekaman dan informasi kontekstual tentang musik yang menarik. Dengan demikian, studi etnomusikologis tidak bergantung pada sumber cetak atau naskah sebagai sumber utama otoritas epistemik.
Sejarah
Etnomusikologi dikembangkan sebagai studi tentang semua musik sebagai fenomena sosial dan budaya manusia. Oskar Kolberg dianggap sebagai salah satu etnomusikolog Eropa paling awal ketika ia mulai mengumpulkan lagu-lagu rakyat Polandia pada tahun 1839 (Nettl 2010, 33). Musikologi komparatif, pendahulu utama etnomusikologi, muncul pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. International Musical Society di Berlin pada tahun 1899 bertindak sebagai salah satu pusat etnomusikologi pertama. Musikologi komparatif dan etnomusikologi awal cenderung berfokus pada musik non-Barat, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, bidang ini telah diperluas untuk merangkul studi ini. musik Barat dari sudut pandang etnografi.
International Council for Traditional Music (didirikan 1947) dan Society for Ethnomusicology (didirikan 1955) adalah organisasi akademik internasional utama untuk memajukan disiplin etnomusikologi.
Ahli etnomusikologi telah menawarkan berbagai definisi bidang. Lebih khusus, para sarjana memperdebatkan apa yang dimaksud dengan etnomusikologi. Bruno Nettl membedakan antara disiplin dan bidang, percaya etnomusikologi adalah yang terakhir. Ada beberapa pendekatan dan tantangan di lapangan. Beberapa pendekatan merujuk “bidang musik” seperti “sintesis musik di Ghana” sementara yang lain menekankan studi budaya melalui jalan musik, untuk mempelajari musik sebagai perilaku sosial. Pendekatan yang beragam dan dinamis untuk etnomusikologi menyinggung bagaimana bidang telah berevolusi. Elemen utama yang membedakan etnomusikologi dari musikologi adalah harapan bahwa etnomusikolog terlibat dalam kerja lapangan diachronic yang berkelanjutan sebagai sumber data utama mereka.
Ada banyak individu dan kelompok yang dapat dihubungkan dengan etnomusikologi. Menurut Merriam, beberapa kelompok ini adalah pemain musik etnis, pendidik musik, mereka yang melihat musik etnis dalam konteks pandangan musik global, vis a vis, khususnya, studi klasik Barat. musik, terdiri dari orang-orang dengan beragam minat, yang semuanya dalam beberapa hal “diterapkan” seperti ahli etnomusikologi profesional, ahli terapi musik, ahli musik, dan antropolog.
Referensi
- Seeger, Anthony. 1983. Why Suyá Sing. London: Oxford University Press. Pp. xiii-xvii.
- Nettl, Bruno (1983). The Study of Ethnomusicology. Urbana, Ill.: University of Illinois Press. p. 25.
- Titon, Jeff Todd (1992). Worlds of Music (2nd ed.). New York: Schirmer. pp. xxi.
- See Hood, Mantle (1969). “Ethnomusicology”. In Willi Apel (ed.). Harvard Dictionary of Music (2nd ed.). Cambridge, Mass.: Harvard University Press.
- McCollum, Jonathan and Hebert, David, Eds., (2014). Theory and Method in Historical Ethnomusicology Lanham, MD: Rowman&Littlefield.
- Pegg, Carole; et al. (2001). “Ethnomusicology”. In Sadie, Stanley (ed.). New Grove Dictionary of Music and Musicians (2nd ed.). London: Macmillan. pp. 8:367–403.
- Nettl, Bruno. “The Harmless Drudge: Defining Ethnomusicology.” The Study of Ethnomusicology: Thirty-one Issues and Concepts. Urbana: University of Illinois, 2005. 3-15. Print.
- Myers, Helen. 1992. “Ethnomusicology.” In Ethnomusicology: An Introduction, ed. Helen Myers, 3-18. New York: Norton.
- Merriam, Alan. 1960. “Ethnomusicology: A Discussion and Definition of the Field.” Ethnomusicology 4(3): 107-114.
- Hood, Mantle (1960). “The Challenge of Bi-musicality”. Ethnomusicology. 4. pp. 55–59.
- Nettl, Bruno. 1975. “The State of Research in Ethnomusicology, and Recent Developments.” Current Musicology 20: 67-78.
- McAllester, David et. al. 1959. “Whither Ethnomusicology?” Ethnomusicology 3(2): 99-105.
- Merriam, Alan P. 1975. “Ethnomusicology Today.” Current Musicology 20: 50-66.