Apa yang dimaksud dengan Epinefrin?

image

Epinefrin adalah hormon (C9H13NO3) dan neurotransmitter dibuat di kelenjar adrenal yang bertindak terutama sebagai agen gairah.

Epinefrin menyebabkan peningkatan detak jantung dan volume stroke jantung, melebarkan pupil, meningkatkan kadar gula darah, mengurangi aliran darah ke kulit dan saluran pencernaan, meningkatkan aliran darah ke otot, dan menekan fungsi kekebalan. Ini digunakan untuk merangsang jantung dalam kasus serangan jantung dan kadang-kadang pada aritmia jantung.

Epinefrin adalah salah satu neurotransmitter utama dalam respons penerbangan atau terbang dan dalam mengaktifkan sistem aktivasi retikuler (RAS). Tindakannya ditiru awal dengan amfetamin, kafein, dan Ritalin. Juga disebut adrenalin.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)

Apa itu Epinefrin?

Epinefrin, juga dikenal sebagai adrenalin, adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, yang terletak di atas setiap ginjal Anda. Hormon ini diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular - hormon ini membuat jantung berdetak lebih kuat, dan mengalihkan darah ke jaringan selama masa stres.

Epinefrin diklasifikasikan sebagai hormon katekolamin (seperti dopamin dan norepinefrin). Katekolamin adalah sejenis hormon yang diproduksi oleh bagian dalam kelenjar adrenal yang disebut medula.

Emosi seperti ketakutan, stres, atau kemarahan dapat memicu pelepasan epinefrin. Saat hormon memasuki aliran darah, hal-hal berikut akan meningkat:

  • Denyut jantung
  • Curah jantung
  • Tekanan darah
  • Metabolisme gula

Tanggapan di atas membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk reaksi “lawan atau lari”, membuat Anda siap untuk aktivitas yang cepat dan berat.

Kondisi yang Dipengaruhi oleh Epinefrin

Kondisi kesehatan berikut terkait dengan tingkat epinefrin:

1. Penyakit Addison adalah kekurangan hormon yang parah atau total yang dibuat oleh kelenjar adrenal, termasuk epinefrin, kortisol, dan aldosteron.

2. Tumor adrenal, beberapa disebut pheochromocytoma, dapat menyebabkan terlalu banyak hormon adrenal yang diproduksi. Dalam kasus pheochromocytoma, hormon yang dihasilkan adalah epinefrin dan noradrenalin.

Sekresi epinefrin yang berlebihan ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang berbahaya dan parah.

Dalam berbagai jenis tumor adrenal, hormon lain diproduksi secara berlebihan, termasuk kortisol, aldosteron, dan androgen.

Epinefrin sebagai Obat

Epinefrin sintetis juga digunakan sebagai obat untuk:

  • Untuk merangsang jantung selama serangan jantung
  • Sebagai vasokonstriktor (obat untuk meningkatkan tekanan darah jika terjadi syok)
  • Sebagai bronkodilator dan antispasmodik pada asma bronkial
  • Untuk mengobati kondisi yang mengancam jiwa disebut anafilaksis

Anafilaksis adalah reaksi alergi parah yang ditandai dengan penurunan tekanan darah dan penyempitan / pembengkakan saluran udara.

Ini dapat disebabkan oleh gigitan atau sengatan serangga, makanan, obat-obatan, lateks, dan banyak pemicu lainnya, tergantung pada kepekaan seseorang.

Epinefrin adalah pengobatan respons pertama untuk anafilaksis. Diresepkan oleh dokter dengan datang sebagai dosis tunggal dalam injektor otomatis (seperti EpiPen) atau biasa disebut epinefrin injeksi.

Ahli alergi merekomendasikan untuk membawa injektor otomatis epinefrin untuk hampir semua jenis alergi serius. Membawanya sangat penting jika Anda:

  • Pernah mengalami reaksi anafilaksissebelumnya
  • Memiliki alergi makanan dan asma
  • Alergi terhadap kacang tanah, kacang pohon, ikan, atau kerang

Jika Anda tidak yakin seberapa serius alergi Anda, dokter Anda dapat memeriksa riwayat kesehatan secara menyeluruh dan melakukan tes darah dan kulit untuk mengetahuinya.

Sumber