Epic theatre atau teater epik adalah sebuah bentuk drama revolusioner yang dikembangkan oleh penulis naskah Jerman, Bertolt Brecht, sejak akhir 1920-an di bawah pengaruh Erwin Piscator. Ini melibatkan penolakan model Aristotelian tentang kesatuan dramatis yang mendukung presentasi naratif (karena itu ‘epik’) yang terpisah dalam rangkaian episode terkait, yang diselingi dengan lagu dan komentar oleh paduan suara atau narator.
Sebagai seorang Marxis, Brecht melawan tradisi teater borjuis di mana penonton secara emosional mengidentifikasikan diri dengan karakter yang bulat secara psikologis dalam sebuah drama yang dibuat dengan baik. Dia justru mengarahkan pada pengaruh alienasi yang akan membuat penonton tetap reflektif dan kritis, sebagian dengan mengatur dramanya di waktu dan tempat yang jauh, dan juga dengan menekankan sifat drama yang dibuat-buat. Contoh terbaik dari drama ini adalah drama Brecht, yaitu The Threepenny Opera (1928), Mother Courage (1941), dan The Good Woman of Setzuan (1943).
Sumber:
The Concise Oxford Dictionary of Literary Terms (2001)