Apa yang dimaksud dengan Enterprise Software ?

Enterprise Software adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, bukan digunakan untuk pengguna individu.

Apa yang dimaksud dengan Enterprise Software ?

Enterprise Software juga dikenal sebagai perangkat lunak aplikasi enterprise (EAS). Enterprise Software adalah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Kebutuhan organisasi tersebut akan meliputi bisnis, sekolah, kelompok pengguna berbasis bunga, klub, amal, atau pemerintah. Perusahaan perangkat lunak merupakan bagian integral dari sistem informasi (berbasis komputer).

Enterprise Software menggambarkan koleksi program komputer dengan aplikasi bisnis, alat untuk pemodelan bagaimana seluruh organisasi bekerja, dan alat-alat pengembangan untuk membangun aplikasi yang unik untuk organisasi. Perangkat lunak ini dimaksudkan untuk memecahkan masalah perusahaan yang besar, bukan masalah yang berhubungan dengan departemen. Software ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dengan menyediakan fungsi dukungan logika bisnis.

Enterprise Software melakukan fungsi bisnis seperti pemrosesan order, pengadaan, penjadwalan produksi, manajemen informasi pelanggan, manajemen energi, dan akuntansi. Hal ini biasanya dijalankan pada server yang menyediakan layanan secara simultan ke sejumlah besar pengguna, biasanya melalui jaringan komputer. Hal ini berbeda dengan aplikasi single-user yang dieksekusi pada komputer pribadi pengguna dan melayani hanya satu pengguna pada satu waktu.

Tipe-tipe


Perusahaan perangkat lunak dapat dikategorikan berdasarkan fungsi bisnis. Setiap jenis Enterprise Software dapat dianggap sebagai sistem karena integrasi dengan proses bisnis perusahaan, akibatnya banyak kategori perusahaan perangkat lunak yang tumpang tindih karena interpretasi dari sistem ini.

Misalnya, Platform Business Intelligence IBM (Cognos), terintegrasi dengan platform analisis prediktif (SPSS) dan dapat memperoleh data dari paket database nya (InfoSphere, DB2). Berikut adalah industri kategori produk standar yang baru-baru ini muncul :

  • Aplikasi Akunting / Accounting Software
  • Manajemen Penagihan / Billing Management
  • Kecerdasan Bisnis / Business Intelligence
  • Manajemen Proses Bisnis / Business Process Management
  • Sistem Manajemen Muatan / Content Management System
  • Pengelolaan Hubungan Pelanggan / Customer Relationship Management
  • Database
  • Perencanaan Sumber Daya Perusahaan / Enterprise Resource Planning (ERP)
  • Manajemen Aset Perusahaan / Enterprise Asset Management (EAM)
  • Manajemen Rantai Persediaan / Supply Chain Management (SCM)
  • Backup Software

Kelebihan dan Kekurangan


Kelebihan

  1. Akses informasi antar sistem secara real-time
  2. Merampingkan proses bisnis dan membantu meningkatkan efisiensi kerja
  3. Menjaga integritas informasi di beberapa sistem
  4. Kemudahan pembangunan dan pemeliharaan
  5. Membuat Organisasi berkembang, kesatuan suatu sistem dalam perusahaan akan membuat semua bagian cepat berkembang dibandingkan dengan suatu organisasi yang sistemnya tidak terintegrasi.
  6. Meningkatkan efisiensi, yaitu sesuatu yang berhubungan dengan biaya.
  7. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Kekurangan

  1. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk pengembangan awal, terutama untuk usaha kecil dan menengah.
  2. Memerlukan desain bisnis yang bagus di awal, yang mana banyak manajer tidak dapat membayangkan atau tidak mau berinvestasi.

Fungsi


Enterprise Software berfungsi sebgai informasi lintas fungsi yang meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan kerjasama antar anggota tim bisnis dan kelompok kerja. Tujuan dari system kerjasama perusahaan adalah untuk memungkinkan kita bekerjasama secara lebih mudah dan efektif dengan membantu kita untuk:

  • Berkomunikasi, berbagi informasi satu sama lain
  • Berkoordinasi, mengoordinasikan usaha kegiatan individual kita dan menggunakan berbagi sumber daya bersama yang lainnya.
  • Bekerja sama, ekerja sama secara kooperatif dalam proyek dan penugasan bersama.

Referensi