Apa yang dimaksud dengan Endorfin atau endorphine?

Endorfin

Endorfin atau endorphine merupakan senyawa kimia (hormon) yang mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesenangan, menghasilkan perasaan nyaman— melalui reseptor opioid. Hormon edorfin baru-baru ini juga diketahui memiliki fungsi imun pada tubuh.

Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang. Endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Hormon ini bertindak seperti morphine, bahkan 200 kali lebih besar dari morphine.

Endorfin atau Endorphine sudah dikenal sebagai zat yang banyak manfaatnya. Beberapa diantaranya adalah, mengatur produksi hormon pertumbuhan dan seks, mengendalikan rasa nyeri serta sakit yang menetap, mengendalikan perasaan stres, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Gamba Gugus Kimia Endorfin

Endhorpin sebenarnya merupakan gabungan dari endogenous dan morphine, zat yang merupakan unsur dari protein yang diproduksi oleh sel-sel tubuh serta sistem syaraf manusia. Endorphin dalam tubuh bisa dipicu munculnya melalui berbagai kegiatan, seperti pernapasan yang dalam, relaksasi, serta meditasi. Karena endorphine diproduksi oleh tubuh manusia sendiri, maka endorphine dianggap sebagai zat penghilang rasa sakit yang terbaik.