Apa yang dimaksud dengan enamel gigi?

Anatomi Gigi

Enamel atau email adalah lapisan luar gigi yang bisa dilihat. Lapisan ini mengandung 5% air dan 95% zat inorganik hidroksi apalit (senyawa kalsium fospat) dan zt organik (protein dan mukopolisakarida). Enamel merupakan bagian paling terkuat dalam tubuh manusia… Bagian ini bahkan lebih kuat daripada tulang].

Enamel atau biasa kita sebut email gigi adalah bagian gigi yang terletak di ‘luar’. Dalam hal ini ‘di luar’ dapat berarti dua hal. Pertama, merupakan lapisan terluar gigi yaitu melapisi sebagian dentin. Kedua bagian gigi yang berada di luar tulang rahang. Email merupakan bagian terkeras gigi Hal ini disebabkan karena email tersusun dari banyak sekali mineral.

Secara teori, semakin banyak kandungan mineral di suatu bagian atau organ tubuh maka akan semakin keras konsistensinya. Mineral utama yang menyusun email adalah kalsium fosfat, lebih spesifiknya lagi mineral kalsium fosfat yang terkristalisasi.

Kristalisasi adalah proses perubahan wujud menjadi lebih padat. Salah satu contoh pengkristalan dalam kehidupan sehari-hari adalah air menjadi es batu. Es batu memiliki kekerasan yang berlipat dari wujud atau bentuk dasarnya, yaitu air karena proses kristalisasi. Itulah sebabnya kenapa email merupakan bagian terkeras tubuh.

Sumber : http://www.sakitgigigusi.com/2016/08/pengertian-email-gigi.html