Apa yang dimaksud dengan Emik atau Emic?

image

Emik berkaitan dengan pendekatan untuk mempelajari atau memahami fungsi manusia dari dalam perspektif budaya yang diteliti. Dapat dikatakan bahwa analitis secara emik mengacu pada pandangan warga masyarakah yang dikaji atau native’s viewpoint. Dengan demikian, semua studi psikologi yang diterbitkan oleh peneliti AS menggunakan subjek dari Amerika Serikat dan yang hasilnya diinterpretasikan menggunakan teori psikologi arus utama dapat dianggap sebagai studi emik, seperti halnya deskripsi naratif seorang Tiwi Australia (manusia semak) tentang pemahamannya tentang penciptaan alam semesta.

Lawan dari emik adalah etik.

Ada dua istilah yang menurut saya harus diketahui dan diperhatikan oleh semua evaluator kualitatif: etic dan emic.

Ini adalah istilah yang biasanya digunakan oleh para antropolog. Perspektif etik adalah perspektif orang luar, perspektif yang kami miliki tentang parameter proyek — misalnya, persepsi orang luar tentang gender di Afghanistan. Perspektif emic adalah perspektif orang dalam, perspektif yang berasal dari dalam budaya tempat proyek berada — misalnya, perspektif gender perempuan yang terlibat dalam proyek di Afghanistan.

Mengapa perspektif yang berbeda ini penting? Pada kenyataannya, ini bukanlah situasi salah satu saja. Kami membutuhkan perspektif etic dan emic. Kami paling sering menggunakan emic dan etic dalam hubungannya satu sama lain. Emic membantu kita memahami realitas lokal, dan etik membantu kita menganalisisnya.

Dalam kasus proyek yang menargetkan perempuan di Afghanistan, akan membantu manajer proyek untuk memahami persepsi emik tingkat lokal tentang gender, sehingga mereka akan tahu bagaimana menyusun dan mengelola proyek dengan cara yang dapat diterima secara budaya. Ini juga membantu untuk mengambil langkah mundur dan melihat proyek, aktivitasnya, dan LogFrame-nya, dari perspektif etik, sehingga kami dapat menganalisis kemajuan dan hasil kami.

Mendapatkan Perspektif Emic

Bagaimana cara kita mendapatkan perspektif emic?

Schensul dan LeCompte (2013) membahas beberapa keterampilan yang kita butuhkan untuk menjadi ahli etnografi yang baik. Ini juga penting bagi kami sebagai evaluator karena kami menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif untuk mengumpulkan data emic. Anda tidak akan pernah menjadi anggota penuh dari budaya lain, tetapi Anda dapat memperoleh keterampilan untuk membantu Anda menyesuaikan diri dan memahami emik. Penulis memberi kami beberapa saran penting:

  • Anda perlu mengalami budaya tanpa mengganggu;
  • Anda perlu mendengarkan sebanyak mungkin;
  • Mempelajari bahasa lokal adalah cara yang baik untuk menyesuaikan diri, berkomunikasi, dan mengetahui cara berpikir orang;
  • Anda perlu membangun hubungan baik, yang bergantung pada koneksi Anda, seberapa nyaman Anda di lapangan, seberapa baik Anda menjaga kerahasiaan, dan seberapa cepat Anda mempelajari adat istiadat dan norma setempat; dan
  • Anda perlu menghormati budaya lokal, mendapatkan izin dari penjaga gerbang dan lainnya, serta memahami sejarah dan kondisi setempat.

Perlu latihan dan waktu untuk mengembangkan keterampilan agar menjadi pendengar yang baik dan peneliti emik. Pemahaman yang kita peroleh tentang sebuah proyek dan budayanya sepadan dengan usaha mempelajari cara mengumpulkan data emik.

Namun, perspektif emic ada kekurangannya.

Studi yang dilakukan dari perspektif emic dapat menciptakan bias di pihak peserta, terutama jika individu tersebut adalah anggota dari budaya yang mereka pelajari, sehingga gagal untuk mengingat bagaimana praktik mereka dianggap oleh orang lain dan mungkin menyebabkan informasi berharga menjadi tertinggal.

Perspektif emic berfungsi untuk memberikan laporan deskriptif yang mendalam tentang bagaimana orang dalam suatu budaya memahami ritual mereka.

Sumber
  • Jean Schensul and Margaret LeCompte, Essential Ethnographic Methods: A Mixed Methods Approach, 2nd ed., Lanham: AltaMira, 2013.
  • Peters, B. Qualitative Methods in Monitoring and Evaluation: The Emic and the Etic: Their Importance to Qualitative Evaluators. Americam University: Online Programs, diakses 1 April 2021
  • Two Views of Culture: Etic & Emic. Lumen. https://courses.lumenlearning.com/culturalanthropology/chapter/two-views-of-culture-etic-emic/ , diakses 1 April 2021