Apa yang dimaksud dengan Elektrorefining?

Electrorefining adalah cara pemurnian logam yang telah diekstraksi dengan proses metalurgi klasik atau elektrokimia, dengan tujuan menghilangkan kotoran, yang dapat menunjukkan efek negatif pada sifat fisik-kimia dan mekanik logam. Electrorefining menggunakan prinsip elektrolisis untuk menghasilkan logam dengan kemurnian tertinggi. Dalam proses electrorefining , anoda adalah logam tidak murni dan kotoran harus hilang selama aliran elektron dari anoda ke katoda selama reaksi berlangsung, reaksi pada anoda :
image
Dan di katoda:
image
Desain sel electrorefining serupa dengan yang digunakan untuk electrowinning. Bedanya, anoda inert diganti dengan slab , dengan ketebalan beberapa sentimeter dari logam yang dimurnikan. Anoda akan diganti jika telah larut dan sangat tipis karena akan berisiko hancur. Sedangkan katoda berupa lembaran tipis dari logam yang akan ambil atau lembaran dari beberapa bahan yang lebih kuat yang telah dilapisi dengan logam tersebut. Elektrolit biasanya merupakan larutan asam di mana logam anoda dapat larut. Tegangan yang digunakan berkisar dari 0,2 hingga 0,25 V untuk Cu hingga 1,5 hingga 2,0 V untuk pemurnian Ni yang relatif tidak murni.

Electrorefining sangat berguna untuk menghilangkan pengotor seperti Bi yang memiliki efek yang sangat merugikan pada properti logam dan tidak dapat dihilangkan dengan baik dari logam seperti Cu dan Pb selama pyrorefining . Selain itu proses ini juga berguna untuk menghilangkan kotoran logam telah di smelting yang memiliki reduksibilitas yang sama atau lebih tinggi dengan karbon
image
Gambar : Proses Elektrorefining

Referensi :
Bodsworth, Colin. 2000. The Extraction and Refining of Metals . CRC Press. Brunei University Department of Materials Technology Uxbridge : Middlesex, United Kingdom
Pletcher, D. (1984). Metal Extraction and Refining. Industrial Electrochemistry, 114–131

3 Likes

Konten yang menarik. Saya ingin bertanya,

  1. Logam apa saja sih yang bisa di elektrorefining?
  2. Di Indonesia, perusahaan atau pabrik apa saja sih yang sudah melakukan elektrorefining? Ada berapa persen metal yang dilakukan elektrorefining di Indonesia?
    Terimakasih.

izin bertanya kak, adakah cara lain untuk pemurnian logam yang telah diekstraksi selain dengan cara electrorefining? Dan sejauh ini adakah kekurangan dari penggunaan cara electrorefining untuk menghilangkan pengotor yang merugikan dan tidak dapat dihilangkan dengan baik dari logam?

Izin bertanya kak. Adakah hal-hal yang mempengaruhi electrorefining? Dan bagaimana cara meminimalisir pengaruh tersebut?

izin sedikit menanggapi ya kak, Salah satu logam yang dapat di lakukan elektrorefining adalah tembaga. Untuk prosesnya sendiri , tembaga mentah dicetak menjadi lempeng, yang digunakan sebagai anoda dalam sel elektrolisis yang mengandung larutan CuSO4 dalam H2SO4 .Lembaran tipis tembaga murni digunakan sebagai katoda , sedangkan tembaga yang larut pada anoda diendapkan dalam bentuk lebih murni pada katoda sampai mempunyai kemurnian 99,97 persen tembaga.Hasil tembaga murni pada katoda diproses lebih lanjut dan salah satu nya dipakai untuk serbuk tembaga.

proses :
image

Terima kasih kak atas pertanyaanya.
Disini saya akan membantu menjawab pertanyaan anda

  1. Au (Emas), Ag (Perak), Pt (Platina), Cu (tembaga). sebenarnya semua logam bisa dielektrorefining, elektorefining adalah salah satu treatment agar menghasilkan kadar logam yang maksimum
  2. PT ANTAM ,UBPP LOGAM Mulia
    Tergantung dore bullion yang digunakan semisal kalau di Antam dore bullion yang digunakan Ag maka proses yang dihasilkan kadar refining nya bisa mencapai 99.9% Ag