Apa yang dimaksud dengan ekonomi evolusioner atau evolutionary economics?

Ekonomi Evolusioner atau Evolutionary economics

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang membahas tentang perilaku manusia yang berhubungan dengan kegiatan ekonomis seperti produksi, konsumsi dan distribusi, yang dilakukan memenuhi kebutuhan hidupnya demi mencapai kesejahteraan hidup.

Ilmu ekonomi evolusioner merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus membahas tentang apa saja perubahan yang terjadi dalam duni perekonomian mulai dari awal sampai saat ini. Hal-hal yang dikaji merupakan perkembangan, kemajuan, kemunduruan, usaha-usaha alternatif atau trobosan apa saja yang pernah ada. Karena dari situlah kita menemukan makna dari evolusi atau perubahan yang terjadi dalam duni ekonomi. Sehingga kita tahu sejarah atau apa yang pernah terjadi dahulu agar kita tidak mengalangi sesuatu yang sama.

Referensi

https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/cabang-cabang-ilmu-ekonomi

Ilmu ekonomi evolusioner merupakan bidang kajian ekonomi yang menjelaskan naik turunnya pertumbuhan ekonomi dan jatuh bangunnya perusahaan-perusahaan, kota-kota, kawasan, dan Negara yang mencerminkan bahwa evolusi selalu beroperasi pada tingkat yang berlainan dengan tingkat kecepatan yang berbeda-beda.

Ekonomi evolusioner berkaitan dengan studi tentang proses yang mentransformasikan ekonomi bagi perusahaan, institusi, industri, lapangan kerja, produksi, perdagangan dan pertumbuhan di dalam, melalui tindakan berbagai agen dari pengalaman dan interaksi, menggunakan metodologi evolusi. Ekonomi evolusioner menganalisis pelepasan proses inovasi teknologi dan kelembagaan dengan menghasilkan dan menguji beragam ide yang menemukan dan mengakumulasikan lebih banyak nilai kelangsungan hidup untuk biaya yang dikeluarkan daripada bersaing alternatif. Bukti menunjukkan bahwa itu bisa menjadi efisiensi adaptif yang mendefinisikan efisiensi ekonomi. Pemikiran ekonomi arus utama dimulai dengan postulat kelangkaan dan agen rasional(yaitu, agen dimodelkan sebagai memaksimalkan kesejahteraan individu mereka), dengan " pilihan rasional " untuk setiap agen menjadi latihan langsung dalam optimasi matematika . Telah ada minat baru dalam memperlakukan sistem ekonomi sebagai sistem evolusi dalam bidang ekonomi Kompleksitas yang sedang berkembang.

Ekonomi evolusioner tidak menganggap karakteristik objek pilihan atau pembuat keputusan sebagai sesuatu yang pasti. Sebaliknya fokusnya adalah pada non-ekuilibrium proses yang mengubah perekonomian dari dalam dan implikasinya. Proses pada gilirannya muncul dari tindakan agen yang beragam dengan rasionalitas terbatas yang dapat belajar dari pengalaman dan interaksi dan yang perbedaannya berkontribusi pada perubahan. Subjek menarik baru-baru ini pada teori permainan evolusi dan pada metodologi evolusi Charles Darwin dan prinsip ekonomi non-ekuilibrium sebab-akibat melingkar dan kumulatif. Itu naturalistikdalam membersihkan gagasan awal tentang perubahan ekonomi sebagai teleologis atau dengan sendirinya meningkatkan kondisi manusia.

Pendekatan yang berbeda adalah menerapkan prinsip-prinsip psikologi evolusioner untuk ekonomi yang diperdebatkan untuk menjelaskan masalah seperti inkonsistensi dan bias dalam teori pilihan rasional . Konsep ekonomi dasar seperti utilitas mungkin lebih baik dilihat karena preferensi yang memaksimalkan kesesuaian evolusi dalam lingkungan leluhur tetapi tidak harus dalam lingkungan saat ini.