Apa yang dimaksud dengan Ekologi Pemerintahan?

image

Apa yang dimaksud dengan Ekologi Pemerintahan?

Pemerintahan merupakan sebuah sistem yang dinamis dimana perubahan lingkungan terjadi dengan sangat cepat dan sulit diprediksi,maka dari itu perlu suatu ilmu yang mempelajari interaksi komponen pembentuk sistem pemerintahan dengan lingkungannya baik dalam segi internal maupun eksternalnya.

Pada hakekatnya permasalahan lingkungan hidup merupakan permasalahan ekologi. Berkembangnya lingkungan secara dinamis dan sulit diprediksi menimbulkan pemikiran dimana perlu adanya ilmu yang mengatur tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya termasuk cara beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Alexander Von Humbolt mengembangkan pemikiran ekologi dalam bidang sosial dengan berasumsi bahwa pemerintahan merupakan organisme hidup ( living organism ) yang lahir, hidup, berkembang, dan kemungkian kemudian akan mati atau digantikan dengan sistem lainnya. Berdasarkan asusmsi titulah maka dikembangkan kajian ilmu tentang ekologi pemerintahan.

ASAL-USUL DAN SUDUT PANDANG KAJIAN EKOLOGI PEMERINTAHAN


Kajian ekologi pemerintahan dapat digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan,mem-verifikasi gejala dan peristiwa yang berkaitan dengan hubungan timbal balik antara pemerintah dengan lingkungan sekitarnya. Beberapa hal penting yang mengenai kajian ekologi yaitu :

  • Memandang objek sebagai sebuah ekosistem;
    Cara pandang ini dilihat sebagai sebuah ekositem yang memiliki sebuah lingkungan strategis tersendiri serta berinteraksi dengan lingkungannya
  • Penggunaan paradigma antroposentrik;
    Menggunakan cara pandang inimaka pemerintah akan menjadi pusat perhatian dan faktor utama dari kegiatan berbangsa dan bernegara
  • Penggunaan pendekatan holistik;
    Pendekatan holistik merupakan cara pandang dimana kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dan memikirkan dampaknya secara menyeluruh
  • Adanya mekanisme yang berfungsi memelihara sistem dalam keadaan seimbang dinamis;
    Reaksi yang berlebihan dari kelompok sasaran kebijakan pemerintah yang tidak diperhitungkan dengan cermat, dapat menyebabkan rusaknya sistem pemerintahan dan tumbangnya pemerintahan. Reformasi di indonesia tahun 1997 merupakan contoh konkret munculnya ketidakseimbangan sistem pemerintahan yang mengakibatkan jatuhnya rezim orde baru.

Kajian tentang ekologi politik sangat dekat dengan ekologi pemerintahan, menurut Robbins banyak sekali pemahaman para ahli mengenai defenisi ekologi politik. Ada yang memberi tekanan pada ekonomi politik,lembaga-lembaga politik tergantung sudut pandang yang digunakan.Salah satu defenisi ekologi politik menurut para ahli yaitu menurut Greenberg & Park (1994) “ A synthesis of “political economy, with its insistence on the need to link the distribution of power with productive activity and ecological analysis,with its broader vision of bioenvironmental relationship”
Ruang lingkup kajian ekologi pemerintahan meliputi :

  1. Dialektika antara pegawai pemerintah dengan pemerintah,subsistem pemerintahan dengan sistem pemerintahan,masyarakat dengan penyelenggara pemerintahan
  2. Distribusi kewenangan dikaitkan dengan analisis ekologi
  3. Studi saling ketergantungan antara unit-unit pemerintahan dengan lingkungannya
  4. Mempelajari keberadaan dan pengaruh “pemerintahan bayangan” terhadap entitas pemerintahan yang formal

Dengan memahami kondisi suatu masyarakat,bangsa,dan negara kita dapat menyusu dan mengembangkan susatu sistem administrasi negara yang cocok dengan kondisi masyarakat,bangsa,dan negara yang bersangkutan. Kajian ekologi pemerintahan dikategorikan sebagai sebuah pendekatan ( approach ). Ada enam pendekatan dalam mempelajari administrasi publik, yakni :

  • Behavioural approach
  • System approach
  • Ecological approach
  • Structural approach
  • Functional approach
  • Public choice approach
  • Contingency approach

MEMAHAMI PEMERINTAHAN SEBAGAI SEBUAH SISTEM


Konsep sentral dalam ekologi adalah ekosistem, dimana sistem ekologi terbentuk karena adanya hubugan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkunganny dan suatu tempat dimana makhuk hidup mupun tak hidup saling berinteraksi disebut ekosistem. Masing-masing komponen yang ada memiliki fungsinya masing-masing, selama komponen tersebut melaksanakan fungsinya dengan baik maka ekosistem tersebut berada dalam suatu keseimbangan.

Pemerintah sebagai sebuah sistem harus memiliki keseimbangan agar dapat bekerja secara optimal. Demi tercapainya sebuah keseimbangan dalam sistem pemerintahan semua anggota harus paham mengenai teori sistem dan bekerja secara sistemik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan mekanisme umpan balik dengan menyediakan kotak saran,membuka jejaring sosial utuk memeroleh informasi yang aktual dan akurat maupun umpan ke depan.

Sistem dalam basic level di kategorikan dalam 2 bagian :

  1. Sistem tertutup dimana sistem tersebut yang secara efektif terisolasi dari pengaruh yang datang dari luar sistem
  2. Sistem terbuka adalah dimana sebuah sistem yang melakukan pertukaran berbagai hal dengan lingkungannya.
    sistem bukan hanya sekedar jumlah dari bagian-bagian tetapi sistem merupakan suatu kupulan dari bagian-bagian menjadi satu kesatuan dan terbangun sebuah sinergi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.