Apa yang dimaksud dengan Efelid?

Efelid

Efelid atau dikenal juga dengan efelis, frekel, freckle, dan frakles ialah bercak perubahan warna akibat menumpuknya pigmen melanin, berukuran kecil ( 3 – 5 mm ), warnanya coklat muda sampai coklat tua dan biasanya sering terlihat pada daerah yang terkena sinar matahari seperti wajah, leher, lengan, bahu dan punggung.

Beberapa juga mendefinisikan efelid dengan lebih sederhana, yaitu bintik – bintik hitam pada kulit yang berbeda dengan warna kulit asli, atau bintik – bintik coklat pada kulit yang biasanya sering ditemukan pada orang dengan rambut berwarna terang.

Apa yang dimaksud dengan Efelid ?

Efelid

Efelid merupakan makula hiperpigmentasi berwarna coklat terang yang timbul pada kulit yang sering terkena sinar matahari (Soepardiman, 2010).

Insidens

Lebih sering pada orang berkulit putih (Soepardiman, 2010).

Etiologi

Diturunkan secara dominan autosomal (Soepardiman, 2010).

Gejala Klinis

Biasanya efelid timbul pada umur lima tahun, berupa makula hiperpigmentasi terutama pada daerah kulit yang sering terkena sinar matahari. Pada musim panas jumlahnya akan bertambah, lebih besar, dan lebih gelap.

Kadang-kadang efelid ini tidak begitu berarti, tetapi terkadang merupakan problem kosmetik (Soepardiman, 2010).

Gambar Efelid

Pembantu diagnosis

Pada pemeriksaan histopatologik didapatkan tidak adanya penambahan jumlah melanosit, tetapi melanosom panjang dan berbentuk bintang seperti yang didapatkan pada orang berkulit hitam. Pembentukan melanin lebih cepat setelah penyinaran matahari. Jumlah melanin di epidermis juga bertambah (Soepardiman, 2010).

Penatalaksanaan

Dapat dicoba dengan obat pemutih atau dikelupas dengan fenol 40% kemudian dinetralkan dengan alkohol. Sunscreen diberikan untuk pencegahan (Soepardiman, 2010).