Apa yang dimaksud dengan Efek Pengumuman atau Announcement Effect?

Efek Pengumuman (announcement effect ) adalah perubahan perilaku atau tindakan akibat dari adanya pengumuman perubahan kebijakan meskipun perubahan tersebut belum benar-benar dijalankan. Misalnya pemerintah mengumumkan untuk mengurangi pajak tahun depan dapat langsung meningkatkan belanja konsumen, atau langsung menaikkan suku bunga.

Referensi

John Black - A Dictionary of Economics-Oxford University Press (1997)

Apa itu Efek Pengumuman?

Efek pengumuman atau announcement effect mengacu pada dampak dari semua jenis pemberitaan atau pengumuman publik, terutama ketika pengumuman tersebut merupakan penguman dari pemerintah atau otoritas moneter terhadap pasar keuangan. Efek pengumuman lebih sering mengacu pada pasar saham. Pengumuman tersebut dapat berpengaruh kepada perubahan harga sekuritas atau volatilitas pasar.

Ini juga bisa merujuk pada bagaimana pasar akan bereaksi setelah mendengar berita bahwa perubahan akan terjadi di beberapa titik di masa depan. Efek pengumuman juga bisa menggunakan istilah “efek judul” atau “efek media”.

Efek pengumuman mengasumsikan bahwa perilaku sistem (seperti pasar keuangan) atau orang-orang (seperti investor individu) dapat berubah hanya dengan mengumumkan perubahan kebijakan di masa mendatang atau membocorkan informasi yang layak diberitakan. Berita tersebut dapat berupa siaran pers atau laporan. Beberapa topik yang dapat memacu reaksi para investor adalah sebagai berikut.

  1. Merger dan akuisisi perusahaan,
  2. Pertumbuhan jumlah uang beredar,
  3. Inflasi,
  4. angka perdagangan
  5. Perubahan dalam kebijakan moneter (seperti kenaikan atau pemotongan suku bunga)
  6. Perkembangan yang mempengaruhi perdagangan (seperti pemecahan saham atau perubahan kebijakan dividen).

Hasil dari Efek Pengumuman

Para peneliti atau ekonom telah menyarankan bahwa berita buruk memiliki dampak yang lebih besar pada pasar daripada berita baik. Pengumuman yang bersifat baik tidak mengangkat pasar sebanyak berita buruk menekannya. Baik negatif maupun positif, efek pengumuman selalu berpotensi menyebabkan perubahan drastis pada harga saham atau nilai pasar lainnya, terutama jika beritanya bersifat kejutan.

Contohnya dapat kita lihat pada Drama Penthouse yang sedang booming. Perusahaan Joon Dan Tae melakukan merger dengan Yayasan Cheong Seong A milik Cheong Seo Jin (ini drama banget :grin:). Efek dari pengumuman tersebut, harga saham mereka naik. itu merupakan efek positif karena para investor percaya pada kemampuan mereka dalam mengelola perusahan. Efek negatifnya dapat kita lihat ketika nama Cheon Seo Jin terlibat isu negatif karena memanipulasi penampilannya dengan meminjam suara. Lalu Cheon Seo Jin mengumumkan melalui siaran pers bahwa dia akan mundur dan tidak akan bernyanyi lagi, seketika itu juga harga saham mereka turun. Itu merupakan efek dari pengumuman yang diterima para investor.

Efek Pengumuman dan Sistem Federal Reserve

Pengumuman dari Federal Reserve (“The Fed”) tentang perubahan suku bunga umumnya berkorelasi langsung dengan harga saham dan aktivitas perdagangan. Misalnya, jika Fed menaikkan suku bunga, maka harga saham kemungkinan besar akan turun.