Apa yang dimaksud dengan dumb terminal pada jaringan terpusat?

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Berdasarkan distribusi sumber informasi jaringan komputer terbagi menjadi dua yaitu jaringan terpusat dan jaringan terdistribusi. Pada jaringan terpusat dikenal istilah dumb terminal. Jadi, apakah yang dimaksud dengan dumb terminal itu?

1 Like

Sebelum mengetahui apa itu dumb terminal kita harus tahu apa itu terminal komputer. Saya disini akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu terminal komputer.

TERMINAL KOMPUTER


terminal1

Terminal Komputer merupakan suatu terminal atau alat komputer yang digunakan oleh manusia yang hanya terdiri dari monitor dan keyboard. Komputer yang hanya dapat menampilkan apa yang dapat diterima dan tidak dapat melakukan pemrosesan lain. Terminal ini sepenuhnya bergantung pada komputer utama untuk pemrosesannya. Istilah ini juga dipakai untuk menyebut beberapa mainframe dan terminal minicomputer, karena sejumlah kemampuan built-in screen display yang dimilikinya. Terminal adalah piranti yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Berdasarkan kemampuan pemrosesannya, terminal dibagi menjadi 3 yaitu :

  1. intelligent terminal : stand-alone piranti yang terdiri atas memori utama dan CPU

  2. smart terminal : piranti yang kemampuan pemrosesannya lebih rendah dari intelligent terminal, tapi lebih baik dari dumb terminal. Misalkan memiliki fitur “bold and blinking characters”.

  3. dumb terminal : piranti yang digunakan untuk memasukkan, mentransmisikan data ke, dan menampilkan data dari komputer. Kemampuan pemrosesan piranti ini sepenuhnya tergantung pada komputer yang terhubung dengannya. Piranti ini seperti keyboard, mouse, dan monitor.

jadi intinya, dumb terminal adalah output device yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer dengan mengandalkan kemampuan pemrosesan dari komputer terkoneksi secara sepenuhnya.

image

Gambar Dumb Terminal

Pengertian Dumb Terminal sendiri sangatlah bergantung pada konteks untuk apa ia digunakan. Hubungannya dengan komputer terminal tradisional yang masih menggunakan koneksi RS-232,maka dumb terminal dapat diartikan sebagai komputer terminal yang dapat menterjemahkan sebagian dari kode kontrol (CR, LF dan sebagainya) tetapi tidak memiliki kemampuan untuk memproses karakter khusus yang dapat menjalankan fungsi seperti clearing a line, clearing the screen, atau controlling cursor position. dalam konteks ini dumb terminal terkadang disebut juga sebagai glass teletype yang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama seperti teletype. Dumb terminal tipe ini masih dapat mendukung sistem bertipe unix moderen apabila environment variabel nya dirubah dari TERM menjadi dumb. Smart atau intelligent terminal juga memiliki kemampuan untuk memproses karakter khusus, terutama pada tipe VT52, VT100 atau ANSIescape sequances.

Dalam konteks yang lebih luas mencakup semua bentuk dari keyboard/monitor, personal computers, diskless workstations, network computers, thin clients, dan X Terminals, maka istilah dumb terminal terkadang digunakan untuk menunjukkan semua tipe dari komputer terminal tradisional yang menggunakan koneksi RS-232 yang tidak dapat memproses data ataupun mengeksekusi program.Istilah dumb terminal terkadang juga di artikan sebagai komputer terminal umum (public computer terminal) yang hanya terbatas pada kemampuan menampilkan text monochrome, atau sebagai terminal yang akan langsung mengirimkan setiap karakter yang diketik daripada menunggu sampai komputer host memintanya

Sumber :

Dumb Terminal merupakan suatu terminal atau alat komputer yang digunakan oleh manusia yang hanya terdiri dari monitor dan keyboard. Komputer yang hanya dapat menampilkan apa yang dapat diterima dan tidak dapat melakukan pemrosesan lain. Terminal ini sepenuhnya bergantung pada komputer utama untuk pemrosesannya. Istilah ini juga dipakai untuk menyebut beberapa mainframe dan terminal minicomputer, karena sejumlah kemampuan built-in screen display yang dimilikinya.

Arti Terminal sendiri :
Peralatan yang mengakses layanan melalui jaringan yang sifatnya remote atau terpisah melalui sebuah saluran telekomunikasi.
Jika terminal ini ditujukan sebagai sebuah komputer, istilah itu sudah ketinggalan jaman, karena komputer pribadi meng-kombinasikan kemampuan yang stand alone atau mandiri dengan komunikasi.

Alat Input Langsung
Yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa lewat suatu media lainnya, sehingga memungkinkan interaksi langsung antara pemakai dengan sistem komputer.

Keyboard
Adalah alat input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan ke alat proses dengan cara mengetikkan lewat penekanan tombol. Keyboard sebagai alat input langsung biasanya didampingi dengan suatu tampilan yang akan menampilkan apa yang ditekan. Keyboard dengan display ini merupakan suatu terminal.


SUMBER :

http://ugianto.blogdetik.com/2010/01/05/17