Apa yang dimaksud dengan Downstream Effect pada tahap Identify Risk?

Pada tahap Identify Risk atau Identifikasi Risiko perlu memperhatikan beberapa faktor salah satunya terkait dengan downstream effect. Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan downstream effect itu sendiri dan bagaimana hubungannya dengan proses identifikasi risiko?

Sebelum mengetahui hubungan downstream effect dengan identifikasi risiko maka kita perlu mengetahui downstream effect itu sendiri. Downstream effect yaitu manfaat atau biaya yang pada akhirnya akan dihasilkan dari keputusan yang dibuat sebelumnya atau dengan kata lain efek yang terjadi akibat peristiwa sebelumnya.

Lalu hubungannya dengan proses identifikasi risiko yaitu dengan memahami downstream effect maka dapat membantu mengevaluasi dampak yang diakibatkan oleh sebuah organisasi dengan benar. Ada empat cara utama di mana konsekuensi risiko operasional dapat mempengaruhi bisnis :

  • Cost
    Biaya disini dapat membuat suatu infrastruktur bisa berjalan dengan baik, tetapii dengan biaya yang terlalu tinggi, menyebabkan return on investment (ROI) terlalu sedikit.

  • Perfomance
    Suatu infrastruktur dapat gagal dalam memenuhi harapan pengguna, baik karena ekspektasi yang tidak realistis, atau karena infrastruktur tersebut tidak berjalan dengan benar.

  • Capability
    Suatu infrastruktur dapat gagal dalam menyediakan platform atau komponen yang dibutuhkan agar layanan end-to-end berfungsi dengan baik. Kegagalan salah satu komponen ini akan mempengaruhi suatu layanan dan berdampak pada kemampuan bisnis untuk berkomunikasi secara efektif.

  • Security
    Suatu infrastruktur dapat membahayakan bisnis dengan tidak menyediakan cukup perlindungan untuk data dan sumber daya, atau dengan menerapkan begitu banyak keamanan sehingga pengguna yang sah tidak dapat mengakses data dan sumber daya.

Memahami karakteristik downstream effect sangat penting sebelum melakukan identifikasi risiko, karena hal ini berguna untuk memastikan hal mana saja yang paling penting mendapat perhatian yang layak. Risiko mungkin memiliki konsekuensi operasional yang tinggi namun efek hilir (downstream effect) yang rendah, atau sebaliknya.

Referensi

Step 1 - Identifying Risks in Operations | Microsoft Learn