Apa yang dimaksud dengan Dominasi Lateral?

Dominasi lateral adalah preferensi dalam menggunakan satu sisi tubuh. Juga disebut sebagai preferensi lateral atau sekadar lateralitas. Ini berlaku untuk aktivitas motorik dan penerimaan sensorik. Meskipun mayoritas orang lebih suka menggunakan tangan kanan, sekitar 2–14% manusia lebih suka menggunakan tangan kiri (kidal) dalam aktivitas motorik terampil.

Persentase ini, bagaimanapun sangat bervariasi dalam kelompok budaya yang berbeda. Ada juga preferensi dalam menggunakan kaki, tetapi persentase kaki kanan sedikit lebih kecil. Sejak lahir beberapa preferensi lateral diamati. Tetapi, lateralitas hanya terbentuk sepenuhnya sekitar usia 4-5 tahun. Dominasi lateral bersifat relatif dan banyak orang lebih suka menggunakan tangan kanan dalam beberapa aktivitas motorik dan tangan kiri dalam aktivitas motorik lainnya (penggunaan tangan campuran).

Terkadang tangan dominan dan kaki dominan (atau mata atau telinga) berada di sisi tubuh yang berlawanan (dominasi menyilang). Ada hubungan yang signifikan tetapi tidak sempurna antara preferensi lateral dan spesialisasi belahan. Untuk sekitar 99% orang kidal dan 70% kidal, bahasa dialihkan ke belahan kiri.

Sumber : David Matsumoto, The Cambridge Dictionary of Psychology