Apa yang dimaksud dengan dimensi Hue?

Warna terdiri dari beberapa dimensi yang sangat besar pengaruhnya terhadap tata seni rupa. Salah satu dimensi yang dikenal adalah dimensi Hue, apa yang dimaksud dengan dimensi tersebut?

Dimensi Hue

Hue diartikan sebagai rona atau corak warna. Sedangkan dimensi hue merupakan dimensi yang berhubungan dengan klasifikasi warna, nama warna dan jenis warna, seperti kuning,merah,hijau, biru,dan lain lain.

“The quality by which we distinguish one color from another, as a red from a yellow, a green, a blue or a purple” - Professor Munsell

Dari pernyaatan diatas, dijelaskan jika dimensi ini berguna untuk membantu seseorang membedakan warna satu dengan lainnya. Namun dalam dimensi ini tidak di jelaskan secara detail mengenai gelap-terangnya suatu warna. Itu hanya mengacu pada titik tertentu dalam spektrum semua warna, seperti yang telah kita lihat dalam pantulan sinar matahari melalui prisma.


Sumber gambar:Munsell.com


Sumber gambar:Munsell.com

Gambar diatas menjelaskan warna dasar yang ditambah dengan percampuran dari kedua warna tersebut menjadi yellow-red, green-yellow, blue-green, purple-blue dan red-purple yang dikenal dengan Compound Hues yang merupakan gabungan dari Simple Hues.

Referensi: