Apa yang dimaksud dengan Difusi tanggung jawab (Diffusion of responsibility)?

Difusi tanggung jawab menyebabkan pertanggungjawaban atas suatu pelanggaran moral memudar (bias) atas pelanggaran moral karena ditanggung bersama-sama.

Sebagai contoh, pembunuh tidak merasa bersalah, karena dia melakukan pembunuhan bersama-sama dengan rekan-rekan kerjanya.

Difusi Tanggungjawab (Diffusion of responsibility) merupakan fenomena dimana masing-masing penonton merasakan penurunan rasa tanggung jawab karena bertambahnya jumlah saksi mata.

Pada eksperimen mengenai adanya penyerangan, di mana partisipan percaya bahwa mereka satu-satunya orang yang mendengar teriakan seseorang yang mengalami penyerangan, maka tanggung jawab secara mutlak berada padanya. Jika ia tidak menolong, maka tidak ada satupun juga yang akan menolong, maka orang tersebut mungkin akan tewas. Hasilnya, dalam kondisi ini hampir semua menolong dengan segera.

Namun jika ini terjadi dengan banyak orang yang mendengar teriakan maka akan terjadi diffusion of responsibility. Hal ini terjadi kerena terdapat banyak orang, penonton tidak merasa bahwa ia adalah satu-satunya orang yang harus bertanggung jawab dan harus bereaksi.

Difusi tanggung jawab adalah Keadaan di mana seorang individu menganggap tanggung jawabnya sendiri kurang dari biasanya karena dibagi oleh sekelompok orang. Ini adalah hipotesis penyebab efek pengamat, di mana kemungkinan pengamat untuk bertindak membantu setelah menyaksikan kecelakaan, kejahatan, atau insiden lain bergantung pada jumlah orang lain yang juga menjadi saksi atau diyakini menjadi saksi untuk kejadian yang sama.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)