Apa yang Dimaksud dengan Diferensial Kompensasi?

image

Jenis Pekerjaan beragam, sehingga ada pekerjaan tertentu yang lebih diminati daripada pekerjaan yang lain. Lalu apa hubungannya dengan Diferensial Kompensasi?

Diferensial Kompensasi merupakan perbedaan upah yang disebabkan oleh kondisi kerja. Pekerjaan yang berisiko biasanya dibayar dengan gaji yang lebih tinggi; jika pekerjaan yang sangat diinginkan biasanya dibayar dengan gaji lebih rendah.

Hal tersebut timbul akibat lingkungan pekerjaan kita terdapat stigma pekerjaan yang lebih disukai daripada yang lain, baik itu bersifat upah dan non upah seperti pekerjaan A lebih precious.

Dari dua pekerjaan yang memerlukan tingkat pengalaman dan keahlian yang nyaris sama serta bersaing untuk pekerjaan yang sama, pekerjaan dengan kondisi kerja yang lebih buruk biasanya harus membayar upah yang sedikit lebih tinggi untuk menarik pekerja dari pekerjaan dengan kondisi kerja yang lebih baik.

Diferensial kompensasi juga diperlukan ketika kondisi duatu pekerjaan sangat berbahaya. Orang yang mengambil risiko besar biasanya mendapat imbalan dengan upah tinggi. Pekerjaan bangunan pencakar langit dan jembatan mendapatkan upah premium. Pemadam kebakaran di kota yang memiliki banyak bangunan tua dan berkonsisi buruk biasanya dibayar lebih tinggi daripada yang bekerja di wilayah pedesaan atau pinggiran kota yang relatif tenang.

Sumber

Cas&Fair.2007.Prinsip-Prinsip Ekonomi.Jakarta: PenerbitAirlangga