Apa yang dimaksud dengan diet rendah protein (low protein diet)?

Apa yang dimaksud dengan diet rendah protein (low protein diet) ?

Apa yang dimaksud dengan diet rendah protein (low protein diet) ?

1 Like

Diet rendah protein adalah diet dengan mengurangi jumlah protein setiap harinya. Berdasarkan rekomendasi dokter, diet rendah protein berarti seseorang tersebut mengkonsumsi jumlah protein harian di bawah 10%. Diet ini dianggap memberikan cukup manfaat untuk menjaga organ tubuh tertentu. Namun ternyata, diet ini tidak dapat dilakukan oleh setiap orang karena bisa menyebabkan masalah yang serius. Diet ini hanya cocok digunakan oleh orang yang mengalami intoleransi protein.

Orang yang dianjurkan untuk melakukan diet renda proteiin ini diantaranya yang memiliki penyakit seperti di bawah ini:

  • Penyakit ginjal. Penyakit ginjal disebabkan oleh tingginya kadar protein dalam urine yang keluar. Ginjal penderita menurun atau malah terjadi kegagalan. Sehingga untuk menekan ginjal agar tidak parah, maka diperlukan makanan dengan menekan jumla protein yang masuk dalam tubuh.
  • Phenylketonuria (PKU). Seseorang yang mengalami PKU biasanya ditandai dengan minimnya enzim untuk memecah asam amino penylalanine. Jika asam amino terlalu banyak maka akan berbahaya bagi kesehatan, sehingga diperlukan penurunan kosumsi protein.
  • Diabetic nephropathy. Ini dialami oleh penderita diabetes. Sehingga diperlukan diet rendah protein untuk membatasi suplai potein dalalm tubuh.
  • Homocystinuria. Penyakit dengan asam amino berbahaya bernama methionine. Jika asam amino ini terus menumpuk, maka akan menyebabkan masalah penglihatan. Sehingga perlu diatasi dengan membatasi protein.
1 Like