Apa yang Dimaksud dengan Didactic atau Didaktik?

Didactic atau didaktik ialah sesuatu yang bersifat instruktif; dirancang untuk memberikan informasi, nasihat, atau beberapa doktrin moralitas atau filosofi.
Banyak dari literatur paling kuno yang bertahan adalah didaktik berisi silsilah, hikmat pepatah, dan instruksi agama. Kebanyakan karya sastra Eropa Abad Pertengahan memiliki elemen didaktik yang kuat, biasanya menjelaskan doktrin gereja. Nasihat praktis sering kali disajikan dalam sajak, seperti dalam Georgics (37-30 SM) dari Virgil, yang memberikan nasihat tentang pertanian.

Sejak maraknya romantisisme dan aestetisisme pada abad ke-19, tulisan didaktik dipandang asing bagi seni sejati, sehingga istilah didaktisisme mengacu (biasanya secara merendahkan) pada penggunaan sarana sastra untuk tujuan doktrinal. Beberapa karya imajinatif masih mengandung informasi praktis, tetapi Novel B. S. Johnson Christie yakni Malry’s Own Double Entry (1973) berisi petunjuk yang tepat untuk pembuatan bom bensin. Batas-batas literatur didaktik terbuka untuk diperdebatkan, karena kehadiran dan keunggulan isi doktrinal tunduk pada interpretasi yang berbeda. Dalam arti yang paling luas, sebagian besar alegori dan satire yang menyiratkan pandangan moral atau politik dapat dianggap sebagai didaktik, bersama dengan banyak jenis karya lain di mana tema mewujudkan beberapa filosofis atau keyakinan lain dari penulisnya.

Definisi yang lebih khusus, akan membatasi istilah didaktik pada karya-karya yang secara eksplisit memberi tahu pembaca apa yang harus mereka lakukan.

Sumber:
The Concise Oxford Dictionary of Literary Terms (2001)