Apa yang dimaksud dengan dialek?


(aditya) #1

image

Dalam suatu bahasa yang digunakan oleh masyarakat, terdapat beberapa dialek yang berbeda antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya meskipun bahasa yang digunakan tersebut sama. Apa yang dimaksud dengan dialek?


(hanaaa) #2

Dialek berasal dari kata Yunani dialektos yang berpadanan dengan logat. Kata ini mula-mula digunakan untuk menyatakan sistem kebahasaan yang digunakan oleh suatu masyarakat yang berbeda dari masyarakat lainnya yang bertetangga tetapi menggunakan sistem yang erat hubungannya. Beberapa pendapat dikemukan oleh para ahli mengenai pengertian dialek yaitu:

Menurut Kridalaksana (2008) dialek merupakan ragam bahasa yang berbeda-beda menurut pemakaian. Sedangkan menurut Depdiknas, (2007) menyatakan bahwa dialek merupakan ragam bahasa yang bervariasi menurut pemakaiannya.

Hampir sama dengan dua pendapat sebelumnya, Keraf (1996) menyatakan bahwa geografi dialek adalah cabang ilmu bahasa yang khusus mempelajari variasi-variasi bahasa berdasarkan perbedaan lokasi dari semua aspeknya.

Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian dialek adalah variasi-variasi bahasa yang telah dikuasai oleh masyarakat daerahnya masing-masing. Dengan menggunakan tuturan dialek, masyarakat akan mudah mengetahui asal tempat tinggal si penutur.