Apa yang dimaksud dengan Diagram Alir atau Flowchart ?


(Danastri Luna Badira) #1

Flowchart atau diagram alir adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses, yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk jenis-jenis persegi, dan urutannya dihubungkan dengan panah. Diagram ini mewakili ilustrasi atau penggambaran penyelesaian masalah.

Apa yang dimaksud dengan Diagram Alir atau Flowchart ?


(Chenni Irnandha Sebayang) #2

Diagram alir merupakan gambar yang mewakili langkah-langkah sebuah proses terurut secara terpisah agar proses tersebut menjadi lebih sederhana sehingga mudah dipahami[1].

Dalam merancang program, seorang programmer pastinya akan membutuhkan berbagai macam langkah – langkah dasar yang selanjutnya digambarkan secara grafik dan sekuensial. Dalam dunia pemrograman, penggambaran langkah – langkah secara grafis dan sekuensial disebut sebagai diagram alir. Diagram alir memiliki jenis dan simbol yang berbeda-beda yang disesuaikan berdasarkan dengan fungsinya. Biasanya diagram alir digunakan untuk mempermudah penyelesaian masalah dalam pemrograman.

Sejarah


Diagram alir merupakan metode terstruktur pertama yang diperkenalkan oleh Frank Gilberth kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME) pada tahun 1921[2] yang kemudian di adopsi oleh ASME pada tahun 1947[3] dan dikembangkan oleh Herman Goldstine dan John von Neumann untuk merencanakan program komputer[4]. Diagram alir dari Goldstine dan John von Neumann dapat ditemukan dalam laporan “Perencanaan dan Pengkodean Masalah untuk Instrumen Komputasi Elektronik, bagian II, Volume 1”[5]. Pada tahun 1970, popularitas diagaram alir sebagai metode menurun. Walaupun begitu, sampai saat ini diagram alir masih digunakan untuk menggambarkan algoritma komputer[6].

Jenis


Diagram alir memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan tujuannya. Berikut merupakan jenis – jenis diagram alir[7]:

  • Diagram Alir Dasar, menunjukkan langkah-langkah yang diambil dalam proses
  • Diagram Alir Kesempatan, menunjukkan langkah-langkah yang diambil dalam proses serta membedakan antara langkah yang diambil bila ada sesuatu yang benar dan langkah-langkah yang diambil ketika sesuatu yang salah
  • Diagram Alir Penyebaran, menampilkan yang melakukan langkah-langkah dalam proses dan menampilkan mana pekerjaan yang mengalir dari satu fungsi ke fungsi yang lain

Simbol-Simbol


Sumber

Perangkat Lunak


Terdapat beberapa aplikasi yang menggunakan diagram alir untuk mewakili dan menjalankan programnya. Umumnya ini digunakan sebagai alat untuk mengajar siswa pemula. Contohnya termasuk Flowgorithm, Raptor. LARP, Visual Logic, dan VisiRule.

Referensi
  1. Stephen Doyle (1985) GCSE Computer Studies for You. p. 30
  2. Frank Bunker Gilbreth, Lillian Moller Gilbreth (1921) Process Charts. American Society of Mechanical Engineers.
  3. American Society of Mechanical Engineers (1947) ASME standard; operation and flow process charts. New York, 1947. (online version)
  4. Hartree, Douglas (1949). Calculating Instruments and Machines. The University of Illinois Press. p. 112. Hartree stated:
    “Von Neumann and Goldstine (40) have proposed a method of indicating the structure of the sequence of operating instructions by means of a “flow diagram” representing the control sequence. This is in the form of a block diagram, in which the blocks represent operations or groups of operations, and are joined by directed lines representing the sequence of these operations…”
  5. Taub, Abraham (1963). John von Neumann Collected Works. 5. Macmillan. pp. 80–151.
  6. Bohl, Rynn: “Tools for Structured and Object-Oriented Design”, Prentice Hall, 2007.
  7. Joiner Assocs., Inc. Staff, Sue Reynard (1995) Flowcharts: Plain & Simple. p. 25