Apa yang dimaksud dengan Desmosom?

desmosom

Proses hidup organisme multiseluler dilakukan melalui interaksi dan komunikasi antar sel terdapat desmosom. Apa yang dimaksud dengan Desmosom?

Desmosom merupakan bentuk junction yang berfungsi untuk memasang sel bersatu pada lembaran epitel yang kuat. Desmosom terdiri dari dua jenis protein khusus yang disebut protein cadherin , yang terdiri dari desmoglein dan desmocolin . Sel-sel epitel dan banyak tipe sel yang lain, termasuk sel otot halus, terikat bersama-sama oleh desmosom sebagai penutup dan terkadang terhubung sebagai spot desmosom. Sedangkan hemidesmosom banyak ditemukan pada bagian bawah permukaan sel-sel epitel, mengikat jaringan epitel seperti halnya paku mengikat karpet pada dasarnya.

Keberadaan ikatan antar sel untuk terjadinya komunikasi antar sel juga membutuhkan harmonisasi kerja dengan bagian lain dari sel. Membran plasma, filamen intermediat merupakan bagian yang saling terhubung dengan suatu molekul protein sehingga membentuk suatu junction yang spesifik yang disebut desmosom dan hemidesmosom yang memfasilitasi ikatan antar sel dengan sel dan sel dengan matrik ekstraseluler, khususnya, seperti terdapat pada sebagian dari jaringan epitel.

Pada kondisi tersebut filamen intermediat pada satu sel secara tidak langsung akan terhubung dengan filamen intermediat pada sel tetangga dan juga pada matriks ekstraseluler. Adanya keteraturan yang ketat dari interaksi dan komunikasi antar sel tersebut yang menjaga stabilitas dari suatu jaringan.

Desmosom dan hemidesmosom juga memberikan kekuatan pada lapisan sel-sel epitelium sekaligus mengatur lapisan sel epitel secara keseluruhan. Keberadaan junction tersebut penting dalam mengatur keberadaan sel-sel epitel pada kulit. Hilangnya junction tersebut karena adanya mutasi akan menjadikan rusaknya matrix dasar sehingga mengakibatkan cairan ekstraseluler terakumulasi dalam permukaan basolateral sehingga timbul gelembung air pada permukaan kulit.

image

Desmosom atau macula adherens, ini adalah struktur kompleks berbentuk cakram juksta posisi 2 daerah padat elektron pada permukaan sitoplasmik membran sel dari 2 sel epitel yang berdekatan, daerah ini disebut pelat padat sitoplasmik pada dasarnya terdiri dari suatu daerah padat elektronberbutir-butir yang berhubungan erat dengan permukaan paling dalam dari unit membran sel.

Kelompok-kelompok entermediate filament disisipkan di dalam daerah intra sel dari desmosom atau membuat belokan tajam dan kembali ke dalam sitoplasma dan oleh karena itu di dalam ruang ektra sel tersebar sering terlihat struktur fibril dan granul yang bertanggung jawab atas kuatnya adhesi antar sel tersebut. Fibril intra sel tipis yang disisipkan ke dalam desmosom juga ada di tempat-tempat lain yang ada di dalam sel epitel, mereka dapat membentuk jalinan horisontal dari intermediate filament tepat dibawah membrane permukaan epitel disebut terminal web.

Desmosom tersebar sebagai bercak-bercak sepanjang permukaan epitel, mereka tidak menymbat celah di antara membran sel di daerah mana tidak ada desmosom. Sebagai akibatnya cairan dapat bersirkulasi melalui celah tersebut di antara sel-sel epitel, ini merupakan peristiwa penting dalam fisiologi jaringan epitel.