Apa yang dimaksud dengan Desmosom?

desmosom

Proses hidup organisme multiseluler dilakukan melalui interaksi dan komunikasi antar sel terdapat desmosom. Apa yang dimaksud dengan Desmosom?

Desmosom merupakan bentuk junction yang berfungsi untuk memasang sel bersatu pada lembaran epitel yang kuat. Desmosom terdiri dari dua jenis protein khusus yang disebut protein cadherin , yang terdiri dari desmoglein dan desmocolin . Sel-sel epitel dan banyak tipe sel yang lain, termasuk sel otot halus, terikat bersama-sama oleh desmosom sebagai penutup dan terkadang terhubung sebagai spot desmosom. Sedangkan hemidesmosom banyak ditemukan pada bagian bawah permukaan sel-sel epitel, mengikat jaringan epitel seperti halnya paku mengikat karpet pada dasarnya.

Keberadaan ikatan antar sel untuk terjadinya komunikasi antar sel juga membutuhkan harmonisasi kerja dengan bagian lain dari sel. Membran plasma, filamen intermediat merupakan bagian yang saling terhubung dengan suatu molekul protein sehingga membentuk suatu junction yang spesifik yang disebut desmosom dan hemidesmosom yang memfasilitasi ikatan antar sel dengan sel dan sel dengan matrik ekstraseluler, khususnya, seperti terdapat pada sebagian dari jaringan epitel.

Pada kondisi tersebut filamen intermediat pada satu sel secara tidak langsung akan terhubung dengan filamen intermediat pada sel tetangga dan juga pada matriks ekstraseluler. Adanya keteraturan yang ketat dari interaksi dan komunikasi antar sel tersebut yang menjaga stabilitas dari suatu jaringan.

Desmosom dan hemidesmosom juga memberikan kekuatan pada lapisan sel-sel epitelium sekaligus mengatur lapisan sel epitel secara keseluruhan. Keberadaan junction tersebut penting dalam mengatur keberadaan sel-sel epitel pada kulit. Hilangnya junction tersebut karena adanya mutasi akan menjadikan rusaknya matrix dasar sehingga mengakibatkan cairan ekstraseluler terakumulasi dalam permukaan basolateral sehingga timbul gelembung air pada permukaan kulit.

image