Apa yang dimaksud dengan Design Sprint?


Tahukah kamu apa yang dimaksud denganDesign Sprint?

Design sprint adalah suatu metode untuk membangun konsep produk dan prototipe melalui lima tahapan dalam waktu lima hari. Design Sprint pada dasarnya digunakan untuk menyelesaikan permasalahan melalui desain secara cepat.

Sebelum memulai Design Sprint perlu dilakukan beberapa hal seperti memilih topik pembahasan, pemilihan tim dan anggota, sarana prasarana dan lain-lain. Tahapan dalam proses Design Sprint adalah sebagai berikut:

1. Hari pertama: Understand
Hari pertama Design Sprint ini adalah menyamakan persepsi terhadap pembahasan produk. Pada tahap ini diadakan sesi wawancara kepada beberapa pengguna atau calon pengguna. Hasil wawancara tersebut menjadi bahan diskusi bersama semua anggota tim. Outputnya berupa struktur permasalahan yang hendak dipecahkan melalui proses desain di hari berikutnya.

2. Hari kedua: Diverge
Masing-masing tim secara individual memberikan ide sebanyak-banyaknya kemudian melakukan rancangan kasar di atas kertas agar orang lain mendapatkan bayangan bagaimana pengaplikasian dari ide tersebut.

3. Hari ketiga: Decide
Tahap selanjutnya, tim berkumpul dan memutuskan rancangan yang terbaik melalui voting. Rancangan yang mendapatkan suara paling banyak diperbaiki menjadi desain yang lebih rapi untuk proses pembuatan prototipe.

4. Hari keempat: Prototype
Tim developer membuat prototipe dari desain yang sudah disetujui. Prototipe ini dibuat secara cepat sekadar menampilkan usabilitas dari produk yang akan diluncurkan.

5. Hari kelima: Validate
Pada hari terakhir ini prototipe diuji secara langsung kepada calon pengguna. Hasil dari validasi ini akan menentukan proses iterasi selanjutnya.

https://www.jagoanhosting.com/blog/ciptakan-produkmu-dalam-5-hari-dengan-design-sprint/