Apa yang dimaksud dengan Design Management ?

Design Management mencakup prosesyang sedang berlangsung, keputusan bisnis, dan strategi yang terus berlanjut, sehingga memungkinkan perusahaan melakukan inovasi dan menciptakan produk, layanan, komunikasi, lingkungan, dan merek yang dirancang secara efektif serta meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kesuksesan bagi perusahaan.

Apa yang dimaksud dengan Design Management ?

Design Management adalah suatu bisnis yang menggunakan manajemen project, design, strategi, dan teknik chain supply untuk mengontrol proses kreatif, mendukung budaya kreatif, dan membangun struktur dan organisasi untuk design. [1]

Tujuan dari design management adalah untuk mengembangkan dan memelihara lingkungan bisnis di mana suatu organisasi dapat mencapai tujuan melalui design, dan dengan mendirikan dan mengelola sistem yang efisien dan efektif.[2]

Dulunya, desain manajemen terbatas pada desain suatu proyek saja, dalam artian bagaimana proyek tersebut berjalan dan diselesaikan, namun seiring berjalannya waktu desain manajemen berubah dengan melibatkan aspek-aspek lain secara fungsional dan juga secara strategi bisnis yang dapat membuat keuntungan yang lebih bagi suatu perusahaan.

Macam – Macam Design Management

  1. Product design management

    Dalam perusahaan yang berfokus pada produk, design management berfokus pada manajemen desain produk, termasuk interaksi yang kuat dengan design produk, pemasaran produk, penelitian dan pengembangan, dan pengembangan produk baru. Manajemen desain berfokus pada aspek estetika, semiotik, dan ergonomis dari produk untuk mengekspresikan kualitas produk untuk mengelola beragam kelompok produk dan platform desain produk dan dapat diterapkan bersama-sama dengan perspektif desain yang berpusat pada pelanggan.

  2. Brand design management

    • Corporate brand design management
      Fokus organisasi yang mementingkan ekspresi dan persepsi identitas perusahaan. Manajemen desain perusahaan menerapkan, mengembangkan, dan mempertahankan identitas perusahaan, atau brand. Jenis brand management sangat penting di organisasi untuk mengontrol dan mempengaruhi kegiatan perusahaan.

    • Product brand design management
      Fokus utama dari product brand management terletak pada produk atau kelompok produk. manajemen desain produk berkaitan dengan penelitian dan pengembangan, pemasaran, dan brand management.

  3. Service design management

    Berfokus pada design pelayanan. Ini adalah kegiatan perencanaan dan pengorganisasian manusia, infrastruktur, komunikasi, dan komponen bahan layanan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan, interaksi antara penyedia layanan dan pelanggan, dan pengalaman pelanggan.

  4. Business design management

    Manajemen desain bisnis digunakan dalam pengembangan model bisnis. Manajemen desain bisnis berkaitan dengan bidang yang baru muncul tentang bagaimana mengintegrasikan desain ke manajemen dalam suatu organisasi.

  5. Engineering design management

    Merupakan pengetahuan dalam manajemen rekayasa. Ini merupakan adaptasi dan penerapan praktek manajemen yang lazim, dengan tujuan mencapai proses desain engineering yang produktif. Manajemen desain rekayasa diterapkan dalam konteks tim desain engineering, dimana kegiatan, output dan pengaruh tentang tim desain yang direncanakan, dipandu, dipantau dan dikendalikan.

  6. Urban design management

    Design manajemen ini berkontribusi terhadap perkembang suatu wilayah. Urban design management melibatkan mediasi antara para stakeholders yang tertarik untuk membangun sebuah wilayah.

  7. Architectural management

    Manajemen arsitektur dapat didefinisikan sebagai cara berpikir yang membantu untuk mewujudkan sebuah bangunan yang berkualitas dengan biaya yang murah atau sebagai fungsi yang bertujuan memberikan nilai arsitektur yang lebih besar untuk klien dan masyarakat.

Referensi
  1. http://www.dmi.org/?What_is_Design_Manag
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Design_management
  3. https://dm9barcelona.wordpress.com/what-is-design-management/